Tautan-tautan Akses

Capres Perancis Pekerjakan Istri, Beri Pesangon


Calon presiden Perancis dari Partai Konservatif Francois Fillon bersama istrinya Penelope, dalam rapat kampanye di Paris (29/1). (AP/Christophe Ena)

Surat kabar Perancis Le Canard Enchaine edisi Rabu (8/2) memberitakan calon presiden Francois Fillon tidak saja mempekerjakan istrinya untuk melakukan "pekerjaan yang tidak ada" tetapi juga memberinya uang pesangon dua kali.

Menurut surat kabar itu Fillon membayar istrinya Penelope Fillon uang pesangon sebesar 45 ribu Euro (US$48.000) dari dana pemerintah setelah Penelope berhenti bekerja sebagai asisten di Parlemen tahun 2002 dan 2013.

Calon konservatif itu mengatakan lewat sebuah pernyataan bahwa berita terbaru surat kabar itu "bohong" dan "hanya keinginan untuk merusak yang dapat menjelaskan berita bohong itu".

Selanjutnya surat kabar itu mengatakan, Penelope Fillon pertama kali diberi pesangon sesudah suaminya masuk dalam pemerintahan. Dikatakan bahwa pada waktu itu Penelope sudah punya pekerjaan baru sebagai asisten anggota Parlemen yang menggantikan suaminya Fillon. Pekerjaan itu diperolehnya atas permintaan suaminya. [ps/al]

XS
SM
MD
LG