Tautan-tautan Akses

AS

Capres Bernie Sanders Ungkap Strategi Atasi Perubahan Iklim 


Capres dari Partai Demokrat untuk pilpres 2020 Bernie Sanders dan istrinya, mengunjungi bazar di Des Moines, Iowa, 11 Agustus 2019. (Foto: Reuters)

Calon presiden partai Demokrat Bernie Sanders, Kamis (22/8), mengungkapkan rencananya untuk mengatasi perubahan iklim dengan apa yang disebutnya “dekade baru yang hijau.”

Sanders menjelaskan rancangan itu ketika ia bertemu dengan para keluarga dan orang-orang yang kehilangan rumah mereka karena kebakaran hutan di California.

Rancangan 10 tahun itu akan memasukkan faktor perubahan iklim ke dalam semua program pemerintah, mulai dari imigrasi sampai kebijakan luar negeri, dan sekaligus akan menciptakan 20 juta lapangan kerja baru.

Amerika, kata Sanders, akan menghasilkan listrik 100 persen dari sumber-sumber terbarukan menjelang 2030, dan akan sama sekali menghentikan penggunaan bahan bakar fosil pada 2050.

“Kita akan memanfaatkan secara besar-besaran tenaga angin, tenaga matahari dan sumber-sumber energi terbarukan lainnya,” kata Sanders kepada sekitar 5.000 orang yang datang menghadiri pidato kampanyenya dalam suhu udara hampir 100 derajat Fahrenheit atau sekitar 37 derajat Celsius.

Sanders menuduh perusahaan-perusahaan energi yang masih menggunakan bahan bakar fosil tidak peduli akan kerusakan yang mereka akibatkan, demi keuntungan jangka pendek.

“Kita harus memimpin dunia dalam penggunaan energi yang berkesinambungan,” kata Sanders. [ii/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG