Tautan-tautan Akses

AS

Calon Hakim Agung Barrett Kemungkinan Dikonfirmasi Senin


Amy Coney Barret, hakim Pengadilan Banding Sirkuit ke-7, dalam acara pengumuman nominasi Hakim Agung Mahkamah Agung AS, oleh Presiden Donald Trump, di Gedung Putih, Washington DC, 26 September 2020. (Foto: Reuters)

Senat AS pada Minggu (25/10) memutuskan dengan selisih suara tipis untuk melancarkan jalan bagi proses pencalonan Hakim Mahkamah Agung pilihan Presiden, Amy Coney Barrett.

Langkah itu memungkinkan Barrett untuk dikonfirmasi oleh Senat pada Senin (26/10), hanya delapan hari sebelum pilpres.

Dalam sebuah sesi akhir pekan yang jarang dilakukan, Senat yang didominasi Republik mengatasi filibuster (upaya mengulur waktu) oleh Demokrat. Senat memilih 51 banding 48 untuk membatasi debat terkait nominasi Barrett.

Proses nominasi Barrett bergerak sangat cepat. Apabila dikonfirmasi, kemenangannya akan memberi suara mayoritas konservatif, yaitu 6 banding 3 di Mahkamah Agung.

Trump, yang tertinggal dari saingannya Joe Biden, dalam berbagai jajak pendapat, mengatakan dia ingin Barrett dikonfirmasi sebelum pilpres 3 November, ketika pengadilan itu harus menyidangkan kasus terkait pemilu.

Faksi Demokrat telah memperingatkan bahwa Barrett nantinya akan memilih untuk menghapus Obamacare, yang telah membantu jutaan warga AS memiliki asuransi kesehatan. Dia juga dikhawatirkan akan membatalkan
Roe v Wade, putusan penting 1973 yang melindungi hak-hak aborsi. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG