Tautan-tautan Akses

Calon Astronot Kulit Hitam Afrika Pertama Tewas dalam Kecelakaan Sepeda Motor


Mandla Maseko mengenakan baju Apollo Space Academy berwarna oranye cerah di Soshaguve, Pretoria, Afrika Selatan, 3 Februari 2014.

Mandla Maseko, pria Afrika Selatan yang memenangkan kesempatan untuk menjadi orang kulit hitam Afrika pertama ke ruang angkasa, tewas dalam kecelakaan sepeda motor dalam usia 30 tahun.

Maseko tewas di Pretoria pada akhir pekan, menurut pernyataan keluarga yang dirilis media setempat, Senin (8/7).

Pada 2013, Maseko yang bekerja paruh waktu sebagai disc jokey dan calon perwira angkatan udara Afrika Selatan itu, mengalahkan satu juta peserta dari 73 negara, untuk menjadi seorang dari 23 orang yang dipilih untuk memenangkan perjalanan ke luar angkasa dan satu jatah kursi di pusat Axe Apollo Space Academy, Amerika.

Dia telah mengikuti pelatihan seminggu di Kennedy Space Center, Florida pada 2015.

"Saya ingin dapat melayang dan melihat keluar jendela, melihat bola besar biru dan putih yang disebut bumi," kata Maseko kepada kantor berita Associated Press pada 2014.

Dia kemudian menjadi pembicara publik yang rajin dan pekerja komunitas yang mengilhami banyak anak-anak Afrika untuk mengejar karier di bidang iptek, kata pernyataan keluarganya.

Orang Afrika pertama yang pernah ke luar angkasa adalah pengusaha kulit putih Afrika Selatan, Mark Shuttleworth, yang membeli kursi di kapsul pesawat Soyuz Rusia dengan harga lebih dari $15 juta (sekitar Rp 213 Miliar). Dia menghabiskan delapan hari di stasiun ruang angkasa internasional pada tahun 2002. [ps/pp]

XS
SM
MD
LG