Tautan-tautan Akses

California Diguyur Hujan dan Salju


Sebuah kendaraan melaju di jalan yang terendam banjir di Sebastopol, California, pada 5 Januari 2023. (Foto: AFP)
Sebuah kendaraan melaju di jalan yang terendam banjir di Sebastopol, California, pada 5 Januari 2023. (Foto: AFP)

Lebih banyak hujan dan salju turun selama akhir pekan di California yang telah dilanda badai. Keadaan itu membuat perjalanan berbahaya dan memicu peringatan evakuasi karena adanya kekhawatiran akan banjir di sepanjang sungai yang meluap di dekat kota Sacramento.

Serangkaian badai mulai terjadi Sabtu (14/1) di utara dan menyebar ke selatan, dan badai lainnya menyusul pada hari Minggu (15/1), kata Badan Cuaca Nasional.

Curah hujan hingga 5 cm diprediksi terjadi di Lembah Sacramento, di mana penduduk semi-pedesaan di Wilton dan masyarakat sekitarnya diperingatkan untuk bersiap-siap mengungsi jika Sungai Cosumnes terus meluap.

Peringatan itu diturunkan dari perintah evakuasi pada Minggu (15/1) sore.

Hembusan dan salju setebal 91 cm diperkirakan terjadi di Sierra Nevada, di mana dinas cuaca memperingatkan pengguna jalan tentang kondisi mengemudi yang berbahaya.

Interstate 80, jalan raya utama dari San Francisco ke resor ski Danau Tahoe, dibuka kembali setelah ditutup hampir sepanjang hari Sabtu karena kondisi jalan yang licin dan bersalju.

Laboratorium salju University of California Berkeley di Central Sierra mencuit Minggu pagi bahwa salju dengan curah 54 cm telah turun dalam 24 jam terakhir. [lt/ab]

Forum

‚Äč
XS
SM
MD
LG