Tautan-tautan Akses

California Bentuk Kantor Pencegahan Kekerasan Senjata Api, yang Pertama di AS


Barisan senapan berburu ditampilkan di sebuah toko senjata Fireams Unknown, di Oceanside, California, pada 12 April 2021. (Foto: Reuters/Bing GUan)
Barisan senapan berburu ditampilkan di sebuah toko senjata Fireams Unknown, di Oceanside, California, pada 12 April 2021. (Foto: Reuters/Bing GUan)

Jaksa Agung California Rob Bonta, pada Rabu (21/9), mengumumkan peluncuran Kantor Pencegahan Kekerasan dengan Senjata Api, yang menjadi bagian dari Departemen Kehakiman di negara bagian tersebut. Kantor tersebut merupakan yang pertama di Amerika Serikat.

Dalam konferensi pers bersama para pendukung pengendalian senjata api di San Fransisco, Bonta mengatakan unit itu akan didedikasikan untuk mengembangkan strategi dan bekerja dengan pemangku kepentingan di seluruh negara bagian untuk mengatasi epidemi kekerasan senjata api.

Kantor baru itu akan memberikan dukungan terpusat dari Departemen Kehakiman untuk menerapkan strategi dan program guna mengurangi kekerasan senjata api.

Ia mengatakan kantor baru itu akan mendukung upaya pengurangan kekerasan senjata api yang sedang digalakkan oleh Departemen Kehakiman, yang dipimpin Biro Senjata Api dan bagian litigasi pada departemen tersebut. Upaya-upaya tersebut mencakup penyitaan senjata api ilegal, penuntutan kasus perdagangan senjata api, dan perlindungan undang-undang kepemilikan senjata api di California.

Keberadaan kantor baru itu bertujuan untuk mengurangi kekerasan senjata api dengan mempromosikan penelitian dan pengumpulan data, meningkatkan kesadaran tentang strategi hukum dan kebijakan yang efektif, dan berkolaborasi dengan mitra-mitra pemerintah federal, pemerintah negara bagian dan lokal.

Bonta juga mengumumkan rekrutmen secara nasional untuk posisi direktur pertama di kantor itu. [em/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG