Tautan-tautan Akses

Buttigieg Desak Perusahaan Kereta Api untuk Tingkatkan Keselamatan


Gambar yang diabadikan drone tampak gerbong-gerbong kereta yang terbakar setelah anjlok di East Palestine, Ohio, 6 Februari 2023. (Foto: NTSBGov via Reuters)
Gambar yang diabadikan drone tampak gerbong-gerbong kereta yang terbakar setelah anjlok di East Palestine, Ohio, 6 Februari 2023. (Foto: NTSBGov via Reuters)

Menteri Transportasi Amerika Serikat (AS) Pete Buttigieg, Minggu (19/2), mengatakan akan mendesak perusahaan-perusahaan kereta api besar untuk meningkatkan keselamatan pasca tergelincirnya kereta api yang dioperasikan oleh Norfolk Southern pada 3 Februari lalu di East Palestine, Ohio.

Dalam surat kepada Kepala Eksekutif Norfolk Southern, Alan Shaw, Buttigieg mengatakan ia juga akan mendesak Kongres untuk menaikkan batas denda terhadap perusahaan kereta api yang melanggar peraturan keselamatan “guna memastikan agar efek pencegahannya sepadan dengan proporsi ekonomi perusahaan kereta api besar itu.”

Buttigieg mengatakan ia akan segera memaparkan langkah-langkah perbaikan keselamatan yang lebih spesifik, yang harus segera diterapkan oleh perusahaan kereta api. Dia mengecam keras lobi-lobi oleh perusahaan tersebut untuk menentang “upaya memulihkan jalur kereta api dan membantu memastikan keselamatan warga.”

Buttigieg telah menghadapi kecaman keras dari banyak Republikan di Kongres atas langkah yang diambilnya dalam insiden tergelincirnya kereta api yang sarat bermuatan bahan kimia beracun, yang kini menyebabkan kebakaran dan kepulan asap ke kota. Ribuan warga Palestine, Ohio, telah mengungsi untuk sementara waktu, sementara awak kereta api membersihkan bahan-bahan yang terbakar.

Tidak ada korban jiwa atau cedera yang dilaporkan, tetapi warga telah menuntut jawaban tentang potensi risiko kesehatan mereka.

Norfolk Southern pada Minggu (19/2) mengatakan pihaknya “menerima salinan dari Buttigieg dan sedang meninjaunya.”

Shaw minggu lalu mengatakan “perusahaan kereta api itu telah membentuk dana awal bagi dukungan masyarakat sebesar US$1 juta dan mendistribusikan US$1,7 juta dalam bentuk bantuan keuangan langsung kepada lebih dari 1.100 keluarga dan bisnis guna menutup biaya evakuasi.” [em/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG