Tautan-tautan Akses

AS

Bus Penuh Wisatawan China Tabrakan di Utah, 4 Orang Tewas


Sebuah kecelakaan bus di Utah, AS, 1 Januari 2018. (Foto: Utah Department of Public Safety via AP)

Sebuah bus yang membawa turis-turis asal China keluar dari sebuah jalan dan jatuh di dekat Taman Nasional Bryce Canyon di Utah, AS, pada hari Jumat (20/9). Kecelakaan tersebut menewaskan empat orang dan melukai 26 orang, beberapa di antaranya kritis. Demikian menurut laporan pihak berwenang.

Berita yang dilansir dari Reuters mengatakan, penyebab kecelakaan itu masih diselidiki. Meski demikin, kecelakaan tersebut diperkirakan bukan disebabkan oleh faktor cuaca, kata petugas Patroli Jalan Raya negara bagian dan Departemen Sheriff Kabupaten Garfield.

Tiga puluh orang, termasuk pengemudi, berada di dalam bus ketika kendaraan tersebut berbelok ke seberang jalan dan kembali, sebelum berguling-guling di pagar pengaman, kata pihak berwenang. Foto-foto dari tempat kejadian menunjukkan atap kendaraan hancur di atas kompartemen penumpang.

Semua korban yang selamat dibawa ke berbagai rumah sakit, dengan luka mulai dari yang kecil hingga yang mengancam jiwa, menurut juru bicara Patroli Jalan Raya Utah, Kopral Chris Bishop. Paling tidak lima orang terluka parah, kata Bishop.

Juru bicara Sheriff, Denise Dastrup, mengatakan lima dari yang terluka dievakuasi ke rumah sakit dengan menggunakan helikopter.

Salah satu daya tarik utama di Taman Nasional Bryce Canyon di Utah selatan adalah ribuan tudung warna merah, pilar berbentuk aneh yang terbuat dari batu yang berasal dari jutaan tahun yang lalu. (Foto: Courtesy)
Salah satu daya tarik utama di Taman Nasional Bryce Canyon di Utah selatan adalah ribuan tudung warna merah, pilar berbentuk aneh yang terbuat dari batu yang berasal dari jutaan tahun yang lalu. (Foto: Courtesy)

Semua 29 penumpang di dalam bus itu adalah warga negara China daratan, dan sopirnya adalah orang Cina-Amerika, kata Bishop. Pengemudi selamat dari kecelakaan itu, tetapi kondisinya tidak diketahui.

Karena hampir semua korban hanya berbicara bahasa Mandarin, komunikasi menjadi tantangan bagi pihak berwenang. Mereka meminta sukarelawan untuk membantu sebagai penerjemah di rumah sakit tempat korban luka, kata Dastrup.

Kedutaan Besar China di Washington mengatakan di Twitter bahwa mereka mengirim personil diplomatik ke daerah itu untuk membantu para korban lebih lanjut.

“Kami sedih mendengar tentang kecelakaan di Utah yang melibatkan bus yang membawa turis Tiongkok. Kami berterima kasih kepada pihak berwenang di Utah atas bantuan mereka, ” kata kedutaan.

Taman Nasional Bryce Canyon, yang terkenal karena formasi batu runcingnya yang bertingkat, yang disebut hoodoos, tetap terbuka untuk pengunjung, meskipun lalu lintas ke taman itu dibatasi. Sementara semua rute masuk ke Bryce Canyon dari utara, selatan dan barat terblokir dengan lokasi kecelakaan di SR-12. Namun rute alternatif dari barat tetap terbuka, kata juru bicara Taman Peter Densmore.

Pada saat kecelakaan, Dastrup mengatakan, bus itu menuju ke Bryce Canyon, yang terletak sekitar 435 km di selatan Salt Lake City. Taman nasional seluas 14.245 hektar persegi itu berada di Utah selatan dan mencatatkan sekitar 2 juta pengunjung per tahun. [ah]

XS
SM
MD
LG