Tautan-tautan Akses

Bursa Kerja AS Tetap Ketat dan Laba Turun pada Kuartal Pertama


Iklan sewa ruangan untuk ritel di pusat kota Boston, Massachusetts, AS, 23 Mei 2023. REUTERS/Brian Snyder
Iklan sewa ruangan untuk ritel di pusat kota Boston, Massachusetts, AS, 23 Mei 2023. REUTERS/Brian Snyder

Jumlah warga Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran naik sedikit minggu lalu dan data untuk dua minggu sebelumnya yang direvisi kemungkinan turun tajam setelah klaim-klaim palsu dari Massachusetts dihapus. Penurunan jumlah klaim ini menunjukkan terus meningkatnya kekuatan pasar tenaga kerja.

Laporan dari Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis (25/5), yang juga menunjukkan lebih sedikit orang yang menarik cek pengangguran pada pertengahan Mei, menandakan bahwa ekonomi Amerika bulan ini berada dalam posisi yang kuat dan tingkat pengangguran yang lebih rendah.

Jumat depan, pemerintah dijadwalkan akan menerbitkan laporan ketenagakerjaan yang ditunggu-tunggu untuk Mei. Sebagian ekonom mengatakan ketahanan pasar tenaga kerja meningkatkan risiko bahwa Federal Reserve dapat menaikkan suku bunga lagi pada bulan Juni.

“Tren yang mengkhawatirkan dari lebih banyak PHK baru saja direvisi sepenuhnya, di mana pasar tenaga kerja tidak mengendur seperti yang diperkirakan oleh para pejabat Fed dan pasar,” kata Christopher Rupkey, kepala ekonom di FWDBONDS di New York.

Iklan lowongan kerja di tempat pemakaman Skokie, Illinois, 10 Mei 2023.
Iklan lowongan kerja di tempat pemakaman Skokie, Illinois, 10 Mei 2023.

“Ekonomi melambat tetapi Fed melihat lebih jauh di balik kurva melawan inflasi dari sebelumnya dengan ketatnya pasar tenaga kerja yang bergeming.”

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran meningkat 4.000 menjadi 229.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir pada 20 Mei. Data untuk pekan sebelumnya yang direvisi menunjukkan 17.000 lebih sedikit aplikasi yang diterima daripada yang dilaporkan sebelumnya. Klaim untuk pekan yang berakhir 6 Mei direvisi turun sebesar 33.000.

Klaim yang rendah itu sejalan dengan data penjualan ritel, produksi pabrik, dan aktivitas bisnis baru-baru ini yang menunjukkan bahwa ekonomi kembali melaju pada awal kuartal kedua.

Pasar tenaga kerja tetap tangguh, meskipun terjadi kenaikan suku bunga senilai 500 basis poin (lima persen) dari Fed sejak Maret 2022, ketika bank sentral AS itu memulai kampanye pengetatan kebijakan moneter tercepat sejak 1980-an untuk menjinakkan inflasi. [lt/ka]

Forum

XS
SM
MD
LG