Tautan-tautan Akses

Bungee Fitness, Olahraga yang Hindari Tekanan pada Sendi


Berlatih di studio D&A Flying Yoga. (Facebook/DandAFlyingyoga)
Berlatih di studio D&A Flying Yoga. (Facebook/DandAFlyingyoga)

Di Amerika Serikat, kini ada jenis olahraga baru dan populer yang mengandalkan kondisi tanpa gravitasi. Olahraga kardio ini berintensitas tinggi dan berdampak rendah, dan diyakini bisa menghindari risiko terkena cedera sendi.

Namanya Bungee Fitness, dan sesuai namanya Anda mengenakan perlengkapan seolah akan melakukan kegiatan terjun dari ketinggian (bungee jumping).

Bungee Fitness, Olahraga yang Hindari Tekanan pada Sendi
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:53 0:00

Bedanya, Anda tidak melompat dari ketinggian tapi berolahraga seperti sedang terbang atau dalam situasi tanpa gravitasi. Ini dimungkinkan karena tubuh Anda dicekal oleh sabuk pengaman (harness) dan tali bungee.

Dengan semua perlengkapan itu, pesertanya bisa berolahraga dengan tekanan minimal pada persendian, bagian yang paling berisiko terkena cedera.

Aerial Yoga di studio D&A Flying Yoga.(Facebook/DandAFlyingyoga)
Aerial Yoga di studio D&A Flying Yoga.(Facebook/DandAFlyingyoga)

Seun Lim adalah seorang instruktur di D&A Flying Yoga, yang terletak di kawasan Koreatown di Los Angeles. Pusat kebugaran ini menawarkan kelas Bungee Fitness dan Aerial Yoga. Yang disebut terakhir adalah jenis yoga yang dilakukan, juga dalam keadaan seolah terbang.

Seun menyebut Bungee Fitness sebagai olahraga kardio intensitas tinggi yang berdampak rendah.

“Jika Anda melakukan latihan kardio secara teratur di gym, Anda harus menggunakan mesin, berlari selama 45 menit, melihat layar Anda, melihat iPhone Anda, jam tangan Apple Anda, hanya untuk melihat berapa banyak kalori yang Anda bakar. Tapi yang satu ini sangat menyenangkan untuk dilakukan. Menurut saya, inilah yang paling penting. Olahraga ini juga tidak membebani persendian," jelasnya.

D&A Flying Yoga bukan satu-satunya yang menawarkan Bungee Fitness. Banyak pusat kebugaran di berbagai kota besar di AS menawarkan kelas itu.

Doktor Anil Mohin, seorang pakar kardiologi, berpendapat bahwa olahraga yang satu ini sangat baik bagi mereka yang mengalami cedera lutut atau persendiannya sudah menua.

"Karena dampaknya yang rendah pada persendian, Anda dapat berolahraga dengan baik tanpa membahayakan persendian,” jelasnya.

Yun Choi, seorang pengusaha berusia lima puluh satu tahun dan mantan atlet, mengatakan, ia menikmati Bungee Fitness. "Ini seperti berolahraga di dalam air, meredakan semua tekanan dan rasa sakit, dan saya bisa melatih otot-otot saya dengan sangat keras.” [ab/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG