Tautan-tautan Akses

Brexit: Kesepakatan Dagang dengan UE Mungkin Gagal Dicapai pada Akhir Tahun


Sebuah tanda Brexit terlihat antara Donegal di Republik Irlandia dan Londonderry di Irlandia Utara di desa perbatasan Muff, Irlandia, 1 Februari 2018. (Foto: Reuters)

Kepala perunding Brexit Inggris mengatakan, Minggu (15/11), kesepakatan perdagangan dengan Uni Eropa mungkin tidak berhasil, tetapi ia masih mengharapkan adanya resolusi.

Setibanya di Brussels, David Frost mencuit bahwa "telah ada beberapa kemajuan ke arah positif dalam beberapa hari ini." “Kini kami sebagian besar mempunyai rancangan teks perjanjian yang umum, meskipun unsur-unsur penting tentu saja belum disepakati,” katanya.

Inggris keluar dari Uni Eropa pada 31 Januari, tetapi terus mengikuti aturan ekonomi blok itu, sampai periode transisi berakhir pada 31 Desember. Kedua belah pihak mencoba untuk mencapai kesepakatan perdagangan baru sebelum tenggat itu, tetapi hal-hal penting, seperti hak menangkap ikan dan aturan persaingan dagang belum diselesaikan.

Kedua belah pihak mengatakan setiap kesepakatan pasca-Brexit harus disepakati pada pertengahan November ini agar bisa diratifikasi sebelum akhir tahun. [ps/lt]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG