Tautan-tautan Akses

Brazil Sambut Tahun Baru dengan Suasana Sendu


Sepasang kekasih merayakan malam Tahun Baru, di tengah wabah Covid-19, di Pantai Copacabana di Rio de Janeiro, Brazil, 1 Januari 2021. (Foto: REUTERS/Lucas Landau)

Brazil menyambut tahun 2021 tanpa hingar bingar. Pantai Copacabana yang biasanya dipenuhi ribuan orang tampak lengang.

Pantai itu ditutup karena pandemi Covid-19. Pertunjukan kembang api megah dan meriah tidak digelar di sana seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pesta kembang api kecil-kecilan dan pesta petasan terlihat dan terdengar di kejauhan dari pantai itu. Hanya kelompok-kelompok kecil orang-terlihat berjalan, berfoto, atau minum-minum sepanjang pantai.

Patung Kristus Sang Penebus – yang menjadi ikon Brazil -- malah menjadi pusat perhatian pada Kamis malam (31/12) hingga Jumat pagi (1/1). Patung itu menghadirkan pesan-pesan tahun baru secara digital.

Temanya adalah "Tahun COovid", sebagai pengingat serius bagi negara mengenai kesulitan yang terjadi sepanjang tahun 2020.

Leonel Keslley, seorang warga Brazil, saat berjalan melewati pantai Copacabana yang kosong bersama keluarganya mengatakan, “Harapan untuk tahun 2021 adalah vaksin. Itu yang diinginkan semua orang, vaksin, jadi kami bisa hidup seperti dulu.”

Jalanan yang gelap, bar dan restoran yang kosong menandai akhir tahun yang sulit bagi negara itu, yang hingga pekan ini telah mencatat 192.681 kematian terkait Covid-19, menurut Kementerian Kesehatan negara itu. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG