Tautan-tautan Akses

Bosworth: Kecil Kemungkinan Perundingan Nuklir Korut akan Segera Dibuka Lagi


Utusan AS Stephen Bosworth mengatakan, perundingan tak akan dibuka lagi jika Pyongyang tak menunjukkan itikad serius.

Utusan Amerika ke perundingan mengenai program, nuklir Korea Utara Stephen Bosworth mengatakan, kecil kemungkinan perundingan enam pihak mengenai program nuklir Korea Utara yang macet akan bisa dibuka kembali dalam waktu dekat.

Bosworth berbicara dengan wartawan di Tokyo hari Rabu sebelum berangkat ke Beijing. Ia mengatakan, tidak ada alasan untuk berharap terjadi kegiatan diplomatik dalam beberapa pekan mendatang.

Menurutnya, perundingan tidak akan dibuka kembali jika tidak ada bukti yang konkrit dan spesifik oleh Pyongyang yang menunjukkan bahwa Korea Utara serius mengenai perundingan.

Korea Utara menarik diri dari perundingan tahun lalu setelah PBB mengutuk uji coba misil jarak jauh dan ujicoba nuklir yang dilakukannya. PBB kemudian memberlakukan sanksi terhadap Korea Utara.

Bosworth mengatakan, sanksi-sanksi akan tetap berlaku sampai Korea Utara kembali ke meja perundingan. Menurutnya, pemerintahan Obama tidak mengesampingkan kemungkinan melakukan perundingan langsung dengan Pyongyang.

XS
SM
MD
LG