Tautan-tautan Akses

Bos Mafia Italia “Toto” Riina Meninggal Dunia


Bos mafia Italia Salvatore "Toto" Riina terlihat di balik terali besi saat menjalani persidangan di Roma, 19 April 1993. Riina meninggal dunia di rumah sakit penjara di Parma, Italia.

Bos mafia Italia Salvatore `Toto' Riina meninggal dunia pada usia 87 tahun di rumah sakit penjara di Parma, Italia, karena kanker.

Riina meninggal Jumat pagi (17/11), beberapa jam setelah menteri Kehakiman Italia mengizinkan anggota keluarga Riina menjenguknya, Kamis (16/11), hari ulang tahunnya.

Riina, yang disebut sebagai “bosnya para bos”, dan salah seorang Godfather mafia Sisilia yang paling ditakuti, menjalani 26 hukuman penjara seumur hidup karena mendalangi pembunuhan sejumlah jaksa Italia dan penegak hukum yang ingin menumpas geng Cosa Nostra.

Riina mengarahkan aktivitas kejahatan geng itu selama lebih dari 23 tahun di persembunyiannya dan diduga memerintahkan lebih dari 150 pembunuhan. Ia dibuat dalam keadaan koma secara medis setelah menjalani dua operasi bedah.

Pembunuhan-pembunuhan yang ia perintahkan dan paling banyak mendapat sorotan adalah pembunuhan dua hakim anti-mafia pada tahun 1992, Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino, yang menyeret lebih dari 300 penjahat ke pengadilan pada tahun 1987.

Riina ditangkap di Palermo, ibu kota Sisilia, pada tahun 1993 dan dipenjarakan di sebuah tempat berpenjagaan maksimum untuk penjahat-penjahat besar. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG