Tautan-tautan Akses

Bom Terowongan Taliban Hantam Pangkalan Militer Afghanistan


Maiwand, Afghanistan

Kelompok pemberontak Taliban telah meledakkan sebuah bom berkekuatan besar di dekat sebuah pangkalan militer utama di bagian selatan Provinsi Kandahar, Afghanistan, menewaskan sedikitnya lima tentara dan melukai enam lainnya.

Serangan itu terjadi, Selasa malam (1/1) di kawasan Maiwand yang bergejolak di mana para pemberontak Taliban menggali terowongan sepanjang dua kilometer menuju pangkalan militer Afghanistan dan menempatkan sejumlah bom di terowongan tersebut. Seorang pejabat keamanan yang meminta namanya dirahasiakan mengukuhkan berita itu ke VOA, Rabu (2/1).

Seorang juru bicara Taliban, Qari Yousaf Ahmadi, mengklaim ledakan taktis itu merobohkan pangkalan militer itu dan menewaskan sedikitnya 40 anggota pasukan keamanan, meski klaim pemberontak seringkali dilebih-lebihkan.

Sementara itu, seorang tentara Afghanistan, Rabu pagi (2/1), mengarahkan senjatanya ke pasukan Afghanistan dan pasukan Italia di sebuah pangkalan militer di Provinsi Herat, melukai seorang staf keamanan Afghanistan.

Pasukan Italia berhasil menyelamatkan diri dan pasukan keamanan Afghanistan menembak mati penyerang tersebut. [ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG