Tautan-tautan Akses

Bom Bunuh Diri Tewaskan 8 di Pakistan


Petugas keamanan Pakistan memeriksa lokasi ledakan bom bunuh diri di Quetta, 17 Februari 2020.

Sebuah serangan bom bunuh diri menewaskan delapan orang dan melukai 16 lainnya di provinsi Baluchistan, Pakistan, Senin (17/2).

Polisi setempat mengatakan, aksi pemboman itu berlangsung pada saat partai radikal Islamis, Ahli Sunnah Wal Jamaah, mengadakan pertemuan dengan puluhan pendukungnya di dekat sebuah gedung pers di Quetta. Sejumlah polisi termasuk di antara mereka yang tewas.

Kepala polisi Abdul Razaq Cheema menyampaikan kepada wartawan, pengebom meledakkan bom yang diikatkan pada tubuhnya ketika dicegat beberapa petugas keamanan yang berusaha menghentikannya agar tidak masuk ke dalam rapat umum para aktivis Islam.

Sedikitnyanya tiga personil keamanan termasuk di antara mereka yang tewas, Cheema menambahkan lebih lanjut.

Sejumlah pejabat rumah sakit mengatakan, beberapa dari mereka yang terluka berada dalam kondisi kritis.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas pemboman itu. Kelompok-kelompok separatis Baluch, dan kelompok-kelompok saingannya, Syah dan Sunni, beroperasi di provinsi tersebut dan pernah melangsungkan aksi serupa.

Berbagai rekaman video yang beredar di media sosial menunjukkan, ledakan itu menghancurkan toko-toko dan kendaraan-kendaraan di dekatnya. Orang-orang tampak berlarian berusaha menyelamatkan diri seusai ledakan.

Provinsi Baluchistan yang miskin telah lama menjadi lokasi pemberontakan berskala kecil yang dilakukan kelompok-kelompok bersenjata yang menuntut hak otonomi yang lebih luas dan pembagian keuntungan yang lebih besar atas sumber mineral dan gas di wilayah itu. Pemerintah mengklaim telah berhasil menghentikan pemberontakan di sana namun kekerasan masih berlanjut. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG