Tautan-tautan Akses

Bom Bunuh Diri Menarget Gubernur Afghanistan, 8 Tewas


Serangan bom di provinsi Laghman, Afghanistan. (Foto: dok).

Seorang pengebom bunuh diri menarget konvoi kendaraan seorang gubernur di wilayah timur Afghanistan, dan menewaskan sedikitnya delapan orang, termasuk empat warga sipil, kata sejumlah pejabat pemerintah.

Kondisi gubernur itu, Rahmatullah Yarmal, belum diketahui dan para pejabat tidak bersedia mengukuhkan laporan-laporan media setempat yang menyebutkan bahwa ia sedikit terluka akibat pengeboman di Mihterlam, ibu kota provinsi Laghman itu.

Juru bicara gubernur tersebut, Asadullah Dawlatzai, mengatakan, selain delapan korban tewas, sekitar 38 orang lainnya, militer dan sipil, terluka dalam serangan tersebut.

Tareq Arian, juru bicara Kementerian Dalam Negeri, mengatakan, empat warga sipil dan empat pengawal Yarmal tewas. Mereka yang terluka termasuk 36 warga sipil dan dua pengawal lainnya.

Belum ada yang mengaku melakukan serangan tersebut, namun baik ISIS maupun Taliban aktif di kawasan tersebut. Kedua kelompok militan itu telah melangsungkan sejumlah serangan di masa lalu terhadap pejabat pemerintah, personel keamanan dan warga sipil.

Sejumlah perwakilan dari pemerintah Afghanistan dan Taliban saat ini sedang melangsungkan perundingan antara sesama warga Afghanistan di Qatar, di mana Taliban memiliki sebuah kantor politik selama bertahun-tahun. Perundingan itu dimaksudkan untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung puluhan tahun, menyusul kesepakatan perdamaian AS-Taliban yang ditandatangani Februari lalu di Doha, ibu kota Qatar. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG