Tautan-tautan Akses

Bom Bunuh Diri Kabul Tewaskan 26 Orang, Termasuk 9 Wartawan


Visitors watch the annual year-end illumination in the Shiodome district in Tokyo, Japan.
Visitors watch the annual year-end illumination in the Shiodome district in Tokyo, Japan.

Serangan bom bunuh diri kembar di ibukota Afghanistan, Kabul, Senin (30/4), menewaskan sedikitnya 26 orang, termasuk sembilan wartawan. Sekurangnya 50 lainnya terluka, termasuk lima wartawan.

Melalui kantor beritanya "Amaq", ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan paling mematikan yang pernah terjadi terhadap pekerja media di Afghanistan itu.

Pengamat media lokal, Komite Keamanan Jurnalis Afghanistan (AJSC), mengecam keras serangan itu ketika mengkonfirmasi kematian awak media.

Dua wartawan perempuan, termasuk Maharram Durrani dari RFE / RL termasuk di antara yang tewas. Kantor berita Prancis, AFP, mengkonfirmasi kematian fotografer utamanya di Kabul, Shah Marai. Dua staf laki-laki dari RFE, Abadullah Hananzai dan Abawoon Kakar, juga tewas.

Stasiun televisi Afghanistan terkemuka, '1 TV News,' juga mengkonfirmasi dua stafnya tewas dalam serangan Senin.

Pejabat dan saksi Afghanistan mengatakan serangan itu dimulai pada jam sibuk di pagi hari ketika seorang penyerang bunuh diri yang mengendarai sepeda motor meledakkan dirinya di dekat kantor Direktorat Keamanan Nasional, badan intelijen negara itu.[my/ii]

XS
SM
MD
LG