Tautan-tautan Akses

Boeing akan Pangkas Produksi, PHK Karyawan


Para pekerja mengenakan baju pelindung berdiri di pintu masuk pabrik pesawat Boeing di Everett, Washington, 21 April 2020. (Foto: AP)

Boeing mengumumkan langkah-langkah pemotongan biaya, Rabu (29/4), sementara melaporkan kerugian $641 juta pada kuartal pertama, setelah bisnis penerbangan mengalami pukulan hebat akibat pandemi virus corona.

CEO Boeing David Calhoun mengatakan perusahaan raksasa pesawat terbang itu berencana mengurangi tenaga kerjanya hingga 10 persen melalui pemutusan hubungan kerja secara sukarela dan tidak sukarela.

Boeing juga akan memangkas produksi pesawat komersial utamanya, termasuk seri 787 and 777.

"Industri penerbangan akan memerlukan waktu bertahun-tahun untuk pulih ke tingkat sebelum pandemi beberapa bulan lalu," kata Calhoun. "Kita harus bersiap untuk itu."

Calhoun mengatakan pemangkasan pekerjaan akan lebih dari 15 persen pada pesawat komersial dan jasa layanan, dibandingkan dengan sektor pertahanan dan ruang angkasa, di mana bisnis lebih stabil.

Perusahaan ini mempunyai 160 ribu karyawan sebelum pengumuman pemangkasan kerja, yang berarti 16 ribu pegawai akan mengalami pemutusan hubungan kerja. [ps/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG