Tautan-tautan Akses

Blok 4 Negara Bertekad Jaga Laut China Selatan Tetap Terbuka


Kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke, USS Kidd tiba di lepas pantai India untuk persiapan "Malabar 2017", serangkaian latihan militer bersama Angkatan Laut India, Angkatan Pertahanan Bela Diri Maritim Jepang dan Angkatan Laut AS. (Foto: dok).

Satu blok empat dari negara yang kuat, yang bertekad untuk menjaga agar Laut China Selatan tetap terbuka bagi penggunaan internasional walaupun China semakin kuat menguasainya, kemungkinan akan mengeluarkan pernyataan keras, membantu saingan-saingan maritim China dan mengadakan latihan angkatan laut bersama dekat jalur pelayaran yang disengketakan tahun ini, kata para analis.

Australia, India, Jepang dan Amerika Serikat, kelompok yang disebut "Quad" itu, kemungkinan besar akan mengambil langkah-langkah tersebut, bukan menantang langsung klaim China seperti sarana militernya di antara ke-500 pulau-pulau kecil laut itu.

“Nomor satu, kehadiran kemungkinan akan dipelopori Amerika Serikat,” kata Stuart Orr, profesor pengelolaan strategi di Universitas Deakin di Australia. “Kalau saya harus menduganya, saya kira nomor dua adalah India, sementara Jepang serta Australia akan menyediakan dukungan logistik tingkat tinggi.”

Negara-negara quad itu ingin menjaga laut yang kaya sumber-daya alam seluas 3,5 juta kilometer persegi itu tetap terbuka sambil melindungi hubungan ekonomi mereka sendiri dengan Beijing, kata para pakar yang mengikuti masalah tersebut. Banyak negara melayari, menangkap ikan dan mengeksplorasi Laut China Selatan sekarang ini. [gp]

XS
SM
MD
LG