Tautan-tautan Akses

AS

Biden, Sanders, Warren Berhadapan dalam Debat Kandidat Capres Demokrat


Debat Kandidat Capres Demokrat akan digelar oleh stasiun televisi ABC di kampus Texas Southern University, Houston, 12 September 2019.

Sepuluh kandidat calon presiden utama partai Demokrat akan saling berhadapan pada Kamis malam. Akan tetapi pusat perhatian kemungkinan besar akan tertuju pada tiga kandidat teratas dalam jajak pendapat, yakni mantan wakil presiden Joe Biden serta Senator Elizabeth Warren dan Bernie Sanders. Tujuh kandidat lainnya harus berupaya keras untuk masuk jajaran teratas penantang mereka.

Acara yang akan ditayangkan televisi secara nasional di Houston, Texas, ini adalah debat ke-tiga kandidat calon presiden Demokrat menjelang pemilihan satu calon oleh partai tahun depan untuk menghadapi Presiden Donald Trump, petahana dari partai Republik yang berusaha menduduki masa jabatan ke-dua di Gedung Putih dalam pemilu nasional November 2020.

Debat selama tiga jam ini adalah yang pertama sejak akhir Juli. Acara ini hanya berlangsung satu kali dalam satu malam, bukannya dua malam berturut-turut seperti sebelumnya. Sepuluh kandidat telah gagal memenuhi persyaratan Partai Demokrat untuk mendapat tempat di arena debat Kamis malam, yakni donasi kampanye dari sedikitnya 130 ribu orang, dan sedikitnya 2 persen dukungan dalam empat jajak pendapat di berbagai penjuru Amerika atau di negara bagian-negara bagian yang menyelenggarakan pemungutan suara paling awal tahun depan.

Biden, dua kali menjabat mantan wakil presiden di bawah pemerintahan Barack Obama dan berpengalaman 36 tahun sebagai Senator, memimpin dengan sekitar 30 persen dukungan. Warren, mantan dosen Harvard dan kini Senator Massachusetts, serta Sanders, yang mengidentifikasi diri sebagai sosok demokrat sosialis dan senator dari negara bagian Vermont, praktis imbang dalam kebanyakan jajak pendapat. Warren dan Sanders sekitar 10 poin ketinggalan dari Biden secara nasional, tetapi semakin dekat atau bahkan unggul dari Biden di beberapa negara bagian yang menyelenggarakan pemungutan suara lebih awal. Tidak ada kandidat lainnya yang mencatat dukungan 10 persen ke atas dalam jajak pendapat nasional. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG