Tautan-tautan Akses

Biden: Penutupan Pemerintah 'Bisa Dihindari'


Presiden Joe Biden berbicara dalam pertemuan dengan Dewan Penasihat Presiden bidang Sains dan Teknologi di San Francisco, California, Rabu, 27 September 2023.
Presiden Joe Biden berbicara dalam pertemuan dengan Dewan Penasihat Presiden bidang Sains dan Teknologi di San Francisco, California, Rabu, 27 September 2023.

Presiden Joe Biden mengatakan menurutnya penutupan pemerintahan bukanlah hal yang tidak bisa dihindari.

Biden menyampaikan komentar itu sewaktu berada di California dalam pertemuan Penasihat Presiden untuk bidang Sains dan Teknologi pada Rabu. “Menurut saya, tidak ada hal yang tidak bisa dihindari jika menyangkut politik,” katanya.

Ketika ditanya apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya, Biden mengatakan: "Jika saya tahu, saya pasti sudah melakukannya."

Pernyataan Biden disampaikan sementara Senat melakukan pendekatan bipartisan untuk mencegah penutupan pemerintah. Namun di DPR, Ketua Kevin McCarthy kembali ke pangkal masalah. Pada Rabu, ia memaparkan strateginya secara tertutup.

McCarthy meminta orang-orang dari fraksi Republik yang berhaluan keras untuk melakukan apa yang mereka katakan tidak akan pernah mereka lakukan, dan mengeluarkan kebijakan sementara untuk menjaga pemerintahan tetap beroperasi. Pemungutan suara di DPR ditetapkan Jumat, sehari sebelum tenggat penutupan.

Usul anggaran mereka akan memotong anggaran sampai 8% dan memperkuat keamanan perbatasan. RUU Senat akan mendanai pemerintah, menambah $6 miliar untuk bantuan Ukraina dan $6 miliar untuk bantuan bencana Amerika.

Ketika menghadiri pertemuan Penasihat Presiden untuk bidang Sains dan Teknologi, Biden juga berbicara tentang pentingnya bertindak mengenai "Kecerdasan Buatan dan memperluas layanan kesehatan berkualitas tinggi untuk setiap warga Amerika." [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG