Tautan-tautan Akses

Biden: Kesetaraan, Demokrasi AS Kini Terancam


Presiden AS Joe Biden berbicara di luar Independence Hall di Philadelphia, pada 1 September 2022. (Foto: AP/Matt Slocum)
Presiden AS Joe Biden berbicara di luar Independence Hall di Philadelphia, pada 1 September 2022. (Foto: AP/Matt Slocum)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan kepada rakyat Amerika dalam pidatonya pada Kamis (1/9) malam bahwa, “kesetaraan dan demokrasi kini terancam” dan dia mengajak warga Amerika untuk berjuang untuk “menyelamatkan jiwa dari bangsa ini”. Biden menyampaikan pidatonya itu dari Independence Hall di Philadelphia.

“Selama ini, kita (berupaya) meyakinkan diri kita sendiri bahwa demokrasi Amerika sudah terjamin. Tetapi kenyataannya tidak demikian,” kata Biden. “Kita, setiap warga Amerika, harus membelanya, melindunginya, berjuang untuk menegakkannya.”

Pidato tersebut datang beberapa bulan sebelum pemilihan paruh waktu yang akan digelar pada November mendatang di mana hasil pemilihan tersebut akan menentukan partai mana yang akan mengendalikan Kongres.

Tetapi juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan bahwa pidato Biden itu bukanlah sebuah pidato kampanye.

“Ini bukan pidato politik,” katanya, “Ini merupakan sebuah kesempatan bagi presiden untuk berdialog langsung dengan rakyat Amerika.”

Pidato tersebut disampaikan dari halaman Independence Hall, tempat di mana pendiri Amerika dahulu berdebat dan menandatangani Deklarasi Kemerdekaan dan Konstitusi AS. [jm/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG