Tautan-tautan Akses

Biden: Jumlah Evakuasi dari Kabul Berfluktuasi


Seorang Marinir AS dengan 24th Marine Expeditionary Unit (MEU) memberikan air kepada seorang anak selama evakuasi di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, 20 Agustus 2021. (Foto: Sersan Samuel Ruiz/Korps Marinir AS via Reuters)

Jumlah orang yang dievakuasi dari Kabul akan berubah setiap hari, kata Presiden AS Joe Biden dalam pidato yang disiarkan TV, Minggu (22/8). Ia mengatakan angkanya tergantung pada kondisi dan keamanan pada hari itu.

Sebelumnya Minggu (22/8), Gedung Putih mengatakan AS telah mengevakuasi 7.400 orang dari Kabul pada 24 jam sebelumnya dan Biden mengatakan sebanyak 11.000 orang dievakuasi dalam periode 36 jam pada akhir pekan. Puluhan ribu orang lain menunggu pesawat untuk mengantarkan mereka keluar dari Kabul.

Secara keseluruhan, AS telah mengevakuasi 25.100 orang sepanjang pekan lalu, kata seorang pejabat Gedung Putih.

Anggota militer Inggris dan AS saat melakukan evakuasi di Kabul, Afghanistan pada Jumat, 20 Agustus 2021. (Kementerian Pertahanan AS via AP)
Anggota militer Inggris dan AS saat melakukan evakuasi di Kabul, Afghanistan pada Jumat, 20 Agustus 2021. (Kementerian Pertahanan AS via AP)

“Setiap warga Amerika yang ingin pulang, akan pulang," kata Biden. "Kami juga bekerja sama dengan sekutu-sekutu dari Afghanistan ... dan warga Afghanistan yang rentan untuk membawa mereka keluar dari negara itu."

Biden mengatakan tidak ada pesawat dari Kabul yang langsung terbang ke AS. Tapi, katanya, semua pesawat mendarat di pangkalan-pangkalan militer di banyak negara terlebih dulu, dimana non-warga negara AS akan menjalani pemeriksaan latar belakang dan keamanan.

Sejak Juli, presiden mengatakan sekitar 33.000 orang telah dievakuasi dari Kabul. [vm/pp]

Lihat komentar (3)

XS
SM
MD
LG