Tautan-tautan Akses

AS

Biden, Harris Akan Hormati Korban Virus Corona AS Menjelang Pelantikan


Presiden terpilih AS Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris di Wilmington, Delaware. (Foto: Reuters)

Presiden terpilih AS Joe Biden dan wakil presiden terpilih Kamala Harris dijadwalkan untuk memberi penghormatan bagi 400 ribu warga Amerika yang meninggal karena Covid-19 dalam suatu acara pada malam menjelang pelantikan mereka, Selasa (19/1), di Washington.

Mereka akan disertai pasangan masing-masing, Jill Biden dan Doug Emhoff, menyalakan 400 lampu di Kolam Refleksi Monumen Lincoln di ujung Alun-alun Nasional yang berseberangan dengan gedung Kongres AS, Capitol, di mana Biden dan Harris akan mengangkat sumpah jabatan mereka hari Rabu (20/1).

Bangunan terkenal lainnya di AS, termasuk Empire State Building di New York dan Space Needle di Seattle, juga diterangi pada saat bersamaan. Komite pelantikan Biden menyatakan ratusan kota, suku dan komunitas juga akan bergabung dalam “momen persatuan nasional” itu.

Biden dan Harris telah menetapkan penanganan Covid-19 sebagai fokus penting dalam masa awal pemerintahan mereka. Mereka menetapkan sasaran mengimunisasi 100 juta orang dalam 100 hari pertama pemerintahan selain memberikan bantuan bagi mereka yang menghadapi kesulitan karena dampak ekonomi dari pandemi.

Hingga kini, lebih dari 12 juta orang telah menerima dosis pertama – dari dua dosis – vaksin di Amerika Serikat, yang sejauh ini mencatat jumlah kasus dan kematian terbanyak di dunia.

Selasa (18/1) juga menjadi awal sidang konfirmasi di Senat bagi para pejabat tinggi yang dicalonkan oleh Biden.

Mereka yang tampil di depan berbagai komite di Senat itu mencakup calon menteri keuangan Janet Yellen, calon menteri luar negeri Antony Blinken, calon menteri pertahanan Lloyd Austin, calon menteri keamanan dalam negeri Alejandro Mayorkas, dan calon direktur intelijen nasional Avril Haines.

Keluarga Biden menghabiskan sebagian hari Senin dengan menjadi sukarelawan di sebuah food bank di Philadelphia pada Hari Pengabdian Masyarakat Nasional, acara peringatan tahunan untuk menghormati mendiang tokoh hak-hak sipil Pendeta Martin Luther King Jr.

Setelah ia dan suaminya menjadi sukarelawan di sebuah food bank di Washington, Harris tidak membesar-besarkan masalah keamanan pribadi menjelang pelantikan, dengan mengatakan ia “sangat menunggu-nunggu untuk dilantik.

Para pejabat keamanan AS menyatakan mereka mengambil setiap tindakan pencegahan, termasuk pemeriksaan keamanan oleh FBI terhadap 25 ribu anggota Garda Nasional yang ditugaskan di Washington untuk melindungi acara pelantikan. Acara ini berlangsung dua pekan setelah para pendukung Trump menyerbu gedung Capitol AS. [uh/ab]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG