Tautan-tautan Akses

Biden Disambut Bak Selebriti di Irlandia


Presiden AS Joe Biden menyapa sejumlah warga saat ia tiba di Dundalk, Irlandia, pada 12 April 2023. (Foto: AP/Patrick Semansky)
Presiden AS Joe Biden menyapa sejumlah warga saat ia tiba di Dundalk, Irlandia, pada 12 April 2023. (Foto: AP/Patrick Semansky)

Sambil melacak asal-usul keluarganya, Presiden Joe Biden menerima sambutan layaknya selebriti ketiba di Dundalk, wilayah tempat ibunya berasal, di Irlandia pada Rabu (13/4).

Ratusan orang berbaris dari satu blok rumah ke blok lainnya, dan banyak yang mengulurkan tangan ingin bersalaman langsung dengan Biden atau sekedar meminta foto bersama.

Di Dundalk, Biden sampat berujar, "Saya tidak mengerti kenapa nenek moyang saya pergi dari sini. Wilayah ini sungguh indah."

Meskipun hujan dan angin keras mendera wilayah tersebut, warga lokal Sandra Coalme dan Marguerite Howard tampak tertawa ceria dan antusias untuk bertemu dengan Biden.

“Suasananya meriah,” kata Coalme. Howard menambahkan meskipun hujan membasahi Irlandia pada hari itu, “matahari benar-benar bersinar di hati kami,” dan berguyon “tidak ada pertunjukkan seperti pertunjukkan Joe,” ujarnya mengacu pada nama kecil presiden.

Orang-orang bersorak sorai ketika konvoi presiden melewati jalan-jalan sempit yang dihiasi oleh bendera Amerika Serikat.

Banyak dari para warga yang rela menunggu selama berjam-jam untuk menyambut kedatangan sang presiden yang disebut oleh banyak warga sebagai “orang dari sini.”

“Dia adalah orang Irlandia, dia adalah bagian dari kami,” kata apoteker Sheila McQuillan, seraya menambahkan, “senang melihatnya lagi, luar biasa, semuanya datang meskipun cuaca buruk.”

Biden tiba di Irlandia setelah singgah sebentar di Irlandia Utara.

Ia akan berada di Irlandia selama tiga hari, dan dijadwalkan menyampaikan pidato di parlemen di Dublin. Selain itu, Biden akan menghadiri acara makan malam dan mengunjugi Mayo county sebuah daerah lain tempat tinggal pendahulunya yang terletak di pesisir barat Irlandia. [jm/lt/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG