Tautan-tautan Akses

Biden dan Mubarak Bahas Situasi Gaza


Masalah Gaza menjadi agenda pembicaraan Wapres AS Joe Biden dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak, Senin.

Masalah yang dihadapi penduduk Jalur Gaza hari Senin menjadi agenda pembicaraan Wakil Presiden Amerika Joe Biden dengan Presiden Mesir Hosni Mubarak.

Seusai pertemuan di kawasan resor Sharm El Sheikh di Laut Merah, Biden mengatakan pemerintahan Obama tidak hanya berkonsultasi dengan Mesir, melainkan juga dengan mitra-mitra Amerika tentang cara-cara baru menangani aspek kemanusiaan, ekonomi, keamanan dan politik yang menyangkut Gaza. Namun Biden tidak memberi penjelasan lebih lanjut.

Israel terus mempertahankan blokadenya atas Gaza yang diberlakukan tiga tahun lalu ketika kelompok Islamis Hamas menguasai wilayah itu. Minggu lalu, setelah pencegatan berdarah oleh Israel atas konvoi kapal bantuan internasional untuk Gaza, Mubabak membuka posperbatasan Rafah bagi bantuan kemanusiaan menuju kawasan Gaza.

Hal lain yang dibicarakan Mubarak dan Biden adalah perundingan tidak langsung Israel – Palestina dan keprihatinan internasional mengenai program nuklir Iran.

Biden kini berada di Kenya sebagai lanjutan lawatannya ke Afrika selama seminggu. Hari Selasa Biden akan bertemu dengan Presiden Mwai Kibaki dan Perdana Menteri Raila Odinga untuk membahas reformasi politik dan ekonomi serta kemajuan yang dicapai terkait konstitusi baru Kenya.

XS
SM
MD
LG