Tautan-tautan Akses

Biden akan ke Meksiko Bulan Depan untuk Hadiri KTT Amerika Utara


Dari kiri: Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador, Presiden AS Joe Biden, dan PM Kanada Justin Trudeau pada pertemuan di Gedung Putih, Washington DC, 18 November 2021.
Dari kiri: Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador, Presiden AS Joe Biden, dan PM Kanada Justin Trudeau pada pertemuan di Gedung Putih, Washington DC, 18 November 2021.

Presiden Joe Biden akan ke Meksiko bulan depan untuk menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Amerika Utara, kata pejabat Gedung Putih, Selasa (20/12).

Biden akan bertemu Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada 9-10 Januari. Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan topik-topik yang akan dibahas para pemimpin antara lain stabilitas ekonomi, keamanan dan imigrasi.

KTT itu dilaksanakan sementara Amerika dan Meksiko menghadapi lonjakan jumlah migran di perbatasan mereka, menyusul berita bahwa pemerintah Amerika akan mencabut pembatasan terkait kesehatan darurat era COVID.

Kebijakan itu memungkinkan petugas perbatasan segera mengusir migran yang tiba. Mahkamah Agung, Senin, menangguhkan akhir pembatasan sementara menyimak argumentasi dari 19 negara bagian yang dipimpin Partai Republik, yang meminta agar pembatasan terus diberlakukan.

Tahun lalu, ketiga pemimpin bertemu di Washington. Meksiko bulan lalu mengumumkan KTT itu tetapi Amerika tidak mengonfirmasi. Amerika Serikat dan Kanada sama-sama mengajukan konsultasi, langkah sebelum mengajukan keluhan perdagangan. Kedua negara mengeluhkan kebijakan López Obrador yang mendukung perusahaan listrik negaranya. Menurut kedua negara, mendukung perusahaan domestik daripada perusahaan Amerika dan Kanada, melanggar perjanjian perdagangan bebas Amerika-Meksiko-Kanada atau USMCA. [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG