Tautan-tautan Akses

Berupaya Cari Solusi untuk Akhiri Perang di Suriah, Turki Langsungkan KTT


Dari kiri: Kanselir Jerman, Angela Merkel, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Perancis Emmanuel Macron dalam KTT di Istanbul, Turki, 27 Oktober 2018.

Pemimpin-pemimpin Turki, Rusia, Perancis dan Jerman sedang mengikuti pertemuan tingkat tinggi di Istanbul, untuk membahas isu keamanan, kemanusiaan dan politik di Suriah, dengan harapan dapat meletakkan dasar untuk mencapai perdamaian di negara yang telah luluh lantak akibat perang saudara selama bertahun-tahun itu.

Pertemuan yang berlangsung Sabtu siang (27/10) itu diharapkan akan mendukung upaya mempertahankan gencatan senjata di propinsi Idlib, di barat laut Suriah.

Perjanjian gencatan senjata yang dicapai bulan lalu itu berhasil mencegah serangan ofensif pasukan pemerintah Suriah terhadap benteng pertahanan terakhir kelompok pemberontak, yang dikhawatirkan akan memicu krisis pengungsi.

Topik pembicaraan lainnya adalah akses mengirimkan bantuan kemanusiaan, persiapan awal untuk menyusun konstitusi, dan juga rekonstruksi Suriah. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjadi tuan rumah pertemuan yang dihadiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Emmanuel Macron itu. [em]

XS
SM
MD
LG