Tautan-tautan Akses

Beri Bantuan kepada Korban Badai Iota, Presiden Kolombia Tiba di San Andres 


Sebuah jalan di pesisir pantai rusak akibat hantaman Badai Iota di Pulau San Andres, Kolombia, 17 November 2020.
Sebuah jalan di pesisir pantai rusak akibat hantaman Badai Iota di Pulau San Andres, Kolombia, 17 November 2020.

Presiden Kolombia Ivan Duque, Selasa (17/11), tiba di San Andres untuk menyampaikan bantuan kemanusiaan kepada korban badai Iota.

Pulau Providencia di Kolumbia luluh-lantak dilandai Badai Iota pada Senin (16/11) di mana 98 persen infrastrukturnya “terdampak.” Duque mengatakan sejauh ini satu orang meninggal dunia.

Presiden Duque mengumumkan bahwa beberapa kapal yang membawa bantuan telah berlabuh di dekat Pulau Providencia. Jalur komunikasi di pulau itu masih terputus.

Tidak ada komunikasi apapun antara pulau kecil berpenduduk lima ribu orang itu sepanjang Senin (16/11) dan Selasa (17/11) karena putusnya kabel-kabel listrik dan penerimaan telpon seluler. Para pejabat mengatakan mereka masih menghitung kerusakan akibat badai itu.

Pulau Providencia terletak sekitar 250 kilometer dari Pantai Nikaragua dan secara eksklusif dihuni oleh keturunan budak Afrika dan penjajah Inggris, yang berbicara menggunakan bahasa Inggris versi Kreol sebagai bahasa ibu.

Pulau ini tidak memiliki penerbangan langsung, tetapi telah mulai menjadi tujuan wisata berkat pantainya yang tenang dan kekayaan kehidupan laut.

Pejabat-pejabat Kolombia, Selasa (17/11), mengatakan telah mengirim sebuah kapal dengan 15 ton bantuan ke pulau itu. [em/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG