Tautan-tautan Akses

Bentrokan Pecah di Perbatasan Yunani-Turki, Migran Berusaha Terobos Masuk


Seorang migran melemparkan tabung gas kembali ke arah polisi Yunani di zona penyangga perbatasan Turki-Yunani, dekat gerbang penyeberangan Pazarkule di Edirne, Turki, 4 Maret 2020.

Pihak berwenang Yunani menembakkan gas air mata dan melemparkan granat kejut ke arah kerumunan migran, Rabu pagi (4/3), dalam upaya menghalau mereka yang berusaha melintasi daerah perbatasan dari Turki, sementara ketegangan terus berlanjut di kawasan itu setelah Turki menyatakan perbatasannya dengan Eropa terbuka bagi siapa saja yang ingin melintasinya.

Pihak berwenang Turki mengatakan, seorang tewas dan lima lainnya terluka akibat tembakan yang dilepaskan dari arah Yunani, pernyataan yang dibantah pemerintah Yunani yang menyebutnya berita bohong.

Bentrokan itu terjadi dekat desa Kastanies, yang sebagian perbatasan daratnya tidak dipisahkan dari Yunani oleh Sungai Evros.

Bentrokan kekerasan itu dipicu oleh pernyataan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, pekan lalu, yang mengancam akan membuka perbatasannya sehingga para migran bisa memasuki Eropa. Pernyataan itu memicu bentrokan kekerasan selama berhari-hari di perbatasan darat itu, di mana ribuan migran berkumpul.

Para mingran duduk dekat perbatasan Turki-Yunani di Pazarkule, distrik Edime, 29 Februari 2020. (Foto: AFP)
Para mingran duduk dekat perbatasan Turki-Yunani di Pazarkule, distrik Edime, 29 Februari 2020. (Foto: AFP)

Juru bicara pemerintah Yunani, Stelios Petsas, membantah adanya migran yang terluka atau tewas akibatt tindakan pihak berwenang Yunani.

“Tuki menciptakan dan menyebarkan berita-berita bohong yang menarget Yunani. Hari ini mereka mencipatkan kebohongan lain,” katanya. “Tidak ada insiden akibat penembakan dari pihak berwenang Yunani.”

Kantor berita Associated Press belum bisa mengukuhkan pernyataan-pernyataan resmi yang saling bertentangan itu.

Perbatasan laut Yunani dengan Turki juga menghadapi masalah. Dalam beberapa hari terakhir, ratusan orang bergerak ke pulau-pulau Turki denagn menggunakan perahu-perahu sederhana dari pantai Turki di dekatnya. Seorang anak tewas ketika perahu karet yang ditumpanginya terbaik dilepas pantai pulau Lesbos, Yunani, sebelumnya, pekan ini. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG