Tautan-tautan Akses

Bentrokan Demonstran dan Pasukan Irak, Sedikitnya 39 Luka


Reaksi para demonstran Irak yang berdemo untuk memperingati satu tahun demo anti-pemerintah di Baghdad, Irak, 25 Oktober 2020.
Reaksi para demonstran Irak yang berdemo untuk memperingati satu tahun demo anti-pemerintah di Baghdad, Irak, 25 Oktober 2020.

Sedikitnya 39 orang luka-luka ketika pasukan keamanan Irak bentrok dengan demonstran anti-pemerintah di Baghdad, Irak, Minggu (25/10). Pejabat keamanan mengatakan sebagian besar korban luka adalah polisi yang terkena proyektil yang diluncurkan kedua pihak.

Sumber-sumber polisi mengatakan tabung gas air mata yang digunakan aparat keamanan melukai sedikitnya tujuh demonstran.

Pernyataan terpisah dari juru bicara militer mengatakan sedikitya 32 anggota aparat keamanan luka-luka terkena granat tangan yang dilemparkan sekelompok yang diduga bersembunyi di antara demonstrasi yang damai. Namun tidak ada informasi lebih jauh.

Sejumlah politisi telah menyampaikan keprihatinan tentang kemungkinan disanderanya demonstrasi-demonstrasi damai oleh para parusuh, yang dapat memicu aksi kekerasan seperti yang terjadi tahun lalu.

Demonstrasi anti-pemerintah pada Minggu (25/10) juga untuk memperingati satu tahun kerusuhan massal terkait korupsi dan meluasnya perampasan di wilayah yang kaya minyak itu. Lebih dari 500 orang tewas dalam kerusuhan tersebut.

Ancaman, pembunuhan dan penculikan aktivis, ditambah rasa letih dan pembatasan gerak dan penutupan wilayah atau lockdown untuk mencegah perebakan virus corona, telah mengurangi jumlah orang yang turun ke jalan. Demonstrasi pada Minggu hanya diikuti oleh ratusan, bukan ribuan orang seperti yang kerap terjadi. [em/jm]

XS
SM
MD
LG