Tautan-tautan Akses

Bendera Pelangi, Foto Korban Orlando Warnai Parade 'Pride' di New York


Aksi dalam pawai Pride di rute Fifth Avenue, kota New York (26/6). (VOA/R. Taylor)
Aksi dalam pawai Pride di rute Fifth Avenue, kota New York (26/6). (VOA/R. Taylor)

Parade ini hanya berselang dua minggu dari insiden penembakan terburuk dalam sejarah Amerika modern yang menewaskan 49 orang di Orlando, Florida.

Bendera berwarna-warni dan foto 49 korban penembakan di klub malam gay di Orlando mewarnai parade kelompok LGBT, atau pawai Pride, di New York hari Minggu (26/6).

Sepanjang jalan Fifth Avenue dipadati ribuan penonton yang ingin menyaksikan langsung parade kelompok lesbian, gay, biseksual dan transgender itu. Sebagian diantaranya membawa poster berwarna oranye yang bertuliskan “Kami Orlando”. Sebagian lainnya meneriakkan kata-kata “Love is Love, New York is Orlando”.

Sejumlah pejabat kota New York, termasuk Walikota Bill de Blasio dan istrinya Chirlane McCray ikut serta dalam parade itu. Demikian pula kandidat calon presiden Partai Demokrat Hillary Clinton yang melambaikan tangan dan sesekali menjabat tangan para penonton dan peserta parade. Peningkatan keamanan sangat terasa dengan kehadiran polisi di hampir setiap sudut jalan.

Parade LGBT di New York ini adalah salah satu dari sejumlah parade yang dilangsungkan di seluruh Amerika hari Minggu, termasuk di San Fransisco dan Chicago.

Parade ini hanya berselang dua minggu dari insiden penembakan terburuk dalam sejarah Amerika modern yang menewaskan 49 orang di Orlando, Florida. [em]

XS
SM
MD
LG