Tautan-tautan Akses

Bendera Korut Berkibar di Perkampungan Atlet Olimpiade Korsel


Bendera Korea Utara (kiri) berkibar di antara bendera negara-negara peserta Olimpiade Musim Dingin lainnya di Perkampungan Atlet Olimpiade di Gangneung, Korea Selatan, 1 Februari 2018.

Bendera nasional Korea Utara telah dikibarkan di Korea Selatan. Bendera itu mulai dikibarkan, Kamis (1/2) di perkampungan-perkampungan atlet Olimpiade di PyeongChang dan Gangneung, yang terletak sekitar 230 kilometer dari timur Seoul, satu hari setelah secara resmi dibuka.

Penundaan satu hari pengibaran bendera itu terjadi karena undang-undang keamanan nasional Korea Selatan yang melarang pengibaran bendera Korea Utara. Kini pihak berwenang telah membolehkan semua tempat yang berhubungan dengan kejuaraan akbar olahraga musim dingin itu, termasuk asrama atlet dan stadion, memajang dan mengibarkan bendera itu.

Pengibaran bendera tersebut bertepatan dengan saat penyambutan 10 anggota tim Olimpiade Korea Utara yang dijadwalkan tiba Kamis (1/2) di Korea Selatan. Mereka akan bergabung dengan 12 pemain hoki perempuan Korea Utara yang sudah berada di Korea Selatan sejak pekan lalu untuk melakukan latihan bersama dengan sejawat-sejawat mereka dari Korea Selatan sebagai tim Korea bersatu.

Tawaran mengejutkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk mengirim sebuah delegasi ke Olimpiade di PyeongChang sewaktu menyampaikan pidato Tahun Baru melicinkan jalan bagi pulihnya dialog antara Pyongyang dan Seoul, yang membeku karena kekukuhan Korea Utara dalam mengembangkan program nuklir dan misil balistik dengan mengabaikan sanksi-sanksi internasional. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG