Tautan-tautan Akses

Benda-benda Kerajaan Swedia yang Dicuri, Ditemukan di Tempat Sampah


Beberapa perhiasan kerajaan Swedia (foto ilustrasi: Wikipedia)
Beberapa perhiasan kerajaan Swedia (foto ilustrasi: Wikipedia)

Dua mahkota emas dan sebuah ornamen bola kerajaan untuk upacara pemakaman abad ke-17 milik Raja Karl dan Ratu Kristina dari Swedia, yang dicuri dalam sebuah pencurian yang menghebohkan, telah ditemukan, demikian kata pihak berwenang. Laporan mengatakan, benda-benda itu ditemukan di tempat sampah.

Dua pencuri memasuki Katedral Strängnäs, 100 kilometer dari Stockholm pada siang hari bolong tanggal 31 Juli dan kabur dengan perhiasan kerajaan itu menggunakan sebuah perahu.

"Semua barang curian itu telah ditemukan," kata jaksa penuntut dalam sebuah pernyataan. Media memperkirakan, perhiasan bernilai 65 juta krona atau $ 7,2 juta.

Benda untuk pemakaman ditemukan di dekat ibukota "telah dipindahkan ke kota lain untuk analisa teknis," kata seorang juru bicara polisi kepada kantor berita AFP.

Orang yang dicurigai, usia 22 tahun ditangkap bulan September dan diadili akhir Januari lalu.

Perhiasan itu ditemukan pada hari terakhir persidangannya, sehingga sidang pengadilan dirinya ditunda hingga 15 Februari.

Katedral Strängnäs menyimpan jenazah Raja Carl IX, yang memerintah Swedia dan Finlandia dari tahun 1604 hingga 1611, juga kedua istrinya, Putri Maria dan Ratu Christina.

Pada tahun 2013, benda kerajaan dari Raja Johan III yang wafat tahun 1592, dicuri dari Katedral Västerås dan ditemukan beberapa hari kemudian dalam sebuah kantong sampah di tepi jalan di daerah pedesaan. (ps/jm)

Recommended

XS
SM
MD
LG