Tautan-tautan Akses

Belum Sempat Jalani Hukuman, 'Petugas Pembukuan' Nazi Meninggal


Petugas Palang Merah membantu mantan penjaga pasukan khusus Nazi, SS, Oskar Groening, meninggalkan persidangan setelah pembacaan vonis di Lueneburg, Jerman, 15 Juli 2015.

Penjahat perang yang dikenal sebagai "Petugas Pembukuan Kamp Auschwitz" telah meninggal pada usia 94 tahun, majalah Der Spiegel melaporkan, Senin (12/3).

Oskar Groening dijadwalkan memulai masa hukuman empat tahun penjara setelah kalah pada semua upaya banding atas vonis yang dijatuhkan pada 2015. Dia dinyatakan bersalah membantu pembunuhan 300.000 orang Yahudi dan menjadi orang terakhir yang dihukum atas kejahatan genosida dalam Perang Dunia II.

Menurut Spiegel, Groening meninggal pada Jumat (9/3), namun pihak berwenang penjara belum menerima sertifikasi kematian.

Baca: Presiden Polandia Akan Tandatangani UU Holocaust

Groening, seorang mantan akuntan, dikenal dengan julukan "Petugas Pembukuan Auschwitz." Ia bertanggung jawab untuk menghitung uang yang dirampas dari tahanan di kamp kematian Nazi yang terkenal di Polandia, dan mengirim uangnya ke kantor pusat pemerintah Jerman di Berlin.

Groening bersaksi meskipun ia mengetahui kebrutalan di Auschwitz, ia tidak ikut terlibat dalam kejahatan pembunuhan itu. [my/ds]

XS
SM
MD
LG