Tautan-tautan Akses

Bekas Tentara Irlandia yang Bergabung dengan ISIS Ditangkap di Irlandia


Perempuan Afghanistan dan ISIS. (Foto: Courtesy)
Perempuan Afghanistan dan ISIS. (Foto: Courtesy)

Seorang perempuan Irlandia, yang masuk Islam, melakukan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS dan menikah dengan seorang militan asal Inggris, telah ditangkap ketika tiba di bandara Dublin Minggu (1/12).

Lisa Smith, 38, yang pernah menjabat di Pasukan Pertahanan Irlandia sebelum pergi Suriah, telah dideportasi dari Turki dengan puterinya yang berusia 2 tahun.

"Setibanya di Dublin, Lisa Smith dicegat oleh An Garda Síochána (polisi nasional Irlandia)," kata Menteri Kehakiman Irlandia Charlie Flanagan. "Ini adalah kasus sensitif dan saya ingin meyakinkan masyarakat bahwa semua instansi terkait sedang menanganinya."

Wakil Perdana Menteri Irlandia, Simon Coveney, mengatakan kepada lembaga penyiaran nasional Irlandia RTE, para pejabat telah berusaha merepatriasi Smith sejak mengetahui keberadaannya di sebuah kamp pengungsi pada bulan Maret. Dia mengatakan keprihatinan utamanya adalah anak balitanya yang merupakan warga negara Irlandia karena kewarganegaraan ibunya. Anak tersebut kini tinggal bersama keluarga Smith di Dundalk.

Pihak berwenang akan menginterogasi Smith sebelum memutuskan langkah berikutnya. Smith telah membantah ikut bertempur atau melatih para tentara perempuan.

Banyak negara Eropa dan AS telah menolak memulangkan warga negara mereka yang telah bergabung dengan ISIS. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG