Tautan-tautan Akses

BBC Dituduh Gunakan Mahasiswa untuk Buat Laporan Rahasia soal Korea Utara


Kantor pusat siaran BBC di London (foto: dok). Tiga wartawan BBC dituduh menyamar sebagai mahasiswa dalam kunjungan ke Korea Utara.
Kantor pusat siaran BBC di London (foto: dok). Tiga wartawan BBC dituduh menyamar sebagai mahasiswa dalam kunjungan ke Korea Utara.

Menurut London School of Economics, BBC mengirim tiga orang wartawan televisinya dengan menyamar sebagai anggota kelompok mahasiswa.

Salah satu lembaga pendidikan tinggi Inggris yang terkenal, London School of Economics, menuduh lembaga siaran Inggris BBC menggunakan rombongan mahasiswa untuk membuat laporan rahasia tentang Korea Utara.

Menurut London School of Economics, BBC mengirim tiga orang wartawan televisinya dengan menyamar sebagai anggota kelompok mahasiswa yang sedang berkunjung ke Korea Utara.

Keputusan BBC untuk mengirim wartawan tanpa izin pemerintah untuk membuat film dokumenter, bisa membahayakan para mahasiswa itu, sekiranya ketahuan oleh pemerintah Korea utara, kata London School of Economics.

Laporan televisi berjudul Panorama tentang Korea utara itu dibuat dalam kunjungan selama delapan hari ke Korea utara bulan lalu, dan akan disiarkan hari Senin malam.

Kunjungan ke Korea utara itu tidak diatur oleh London School of Economics, tapi oleh sebuah badan mahasiswa. Pejabat universitas mengatakan tidak tahu menahu tentang ikutnya wartawan BBC dalam rombongan mahasiswa itu, dan tidak akan mengijinkannya, kalau mereka tahu.

Recommended

XS
SM
MD
LG