Tautan-tautan Akses

Bayi Panda di Tokyo Hadir di Hadapan Tamu Pilihan


Bayi panda raksasa betina Xiang Xiang memanjati pohon pada acara khusus untuk media di taman Ueno Zoological di Tokyo, Senin, 18 Desember 2017.

Seekor bayi panda tampil di hadapan gubernur Tokyo dan juga sekelompok anak sekolah dan media pada hari Senin (18/12), sehari sebelum debutnya di depan publik.

Xiang Xiang, panda raksasa betina berusia 6 bulan akan tampil terbatas hari Selasa untuk para penggemarnya yang sudah mendapatkan tiket lewat proses lotre yang sangat kompetitif.

Xiang Xiang, yang berarti "Wewangian" dalam bahasa China, lahir pada 12 Juni di kebun binatang Ueno di Tokyo dan kini beratnya telah mencapai lebih dari 12 kilogram.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike terus tersenyum setelah keluar dari rumah panda di kebun binatang tersebut, dan mengatakan pada wartawan bahwa bayi panda itu "lucu sekali."

"Dia memanjat pohon dan bahkan memamerkan punggung mungilnya kepada kami," kata Koike. "Saya sempat khawatir apakah dia bisa turun (dari pohon)."

Xiang Xiang yang bergelayutan di batang pohon dengan cakarnya yang kecil tapi tajam, akhirnya turun dengan perlahan. Ia lalu bermain dengan bambu, memasukkan ke dalam mulutnya, walaupun ia masih disusui induknya dan belum bisa makan.

Xiang Xiang lalu tidur, ditemani oleh induknya.

Wakil direktur kebun binatang tersebut, Hirofumi Watabe, mengatakan para pengurus panda bekerja keras untuk memastikan keselamatan dan kesehatan bayi panda tersebut dan ia senang melihatnya tumbuh dengan stabil.

Sejak bulan Oktober, puluhan petugas kebun binatang ikut melatih Xiang Xiang agar ia terbiasa dengan kehadiran orang-orang di ruangannya.

Koike menekankan betapa panda merupakan hewan langka dan ia harap anak-anak yang datang mengunjungi Xiang Xiang juga bisa belajar tentang kehidupan.

Petugas kebun binatang mengatakan penampilan Xiang Xiang di hadapan publik akan dibatasi hingga 2,5 jam per hari agar ia tidak stres. [dw]

XS
SM
MD
LG