Tautan-tautan Akses

Baru 6 Bulan Menjabat, PM Ukraina Mengundurkan Diri


Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Goncharuk dalam konferensi pers di Kiyv, 2 Maret 2020. (Foto: Sergei Supinsky/ AFP)

Anggota parlemen mengatakan Perdana Menteri Ukraina Oleksiy Goncharuk mengundurkan diri setelah enam bulan menjabat dan akan digantikan oleh salah satu wakilnya.

Goncharuk telah mengajukan pengunduran dirinya pada Januari, setelah rekaman tentang dirinya sedang mempertanyakan pemahaman ekonomi Presiden Volodymyr Zelensky, bocor. Kepala negara itu kemudian menolak pengunduran dirinya.

Meskipun pejabat pemerintah tidak mengkonfirmasi pengunduran diri Goncharuk, anggota parlemen dari partai Zelensky mengatakan kepergiannya diumumkan dalam pertemuan dengan presiden. Anggota parlemen itu menambahkan bahwa parleman akan melakukan pemungutan suara untuk menyetujui langkah itu pada hari ini, Rabu (4/3).

Sumber resmi mengatakan kepada AFP pada pekan lalu bahwa Zelensky berencana menggantikan perdana menteri berusia 35 tahun karena ia tidak puas dengan kinerja pemerintah dalam masalah ekonomi. Goncharuk menjadi perdana menteri termuda dalam sejarah Ukraina.

Goncharuk membantah telah mengajukan pengunduran dirinya pada Senin(2/3), tetapi mengakui "konsultasi tentang masalah ini" telah dilakukan dengan presiden.

Zelensky mengatakan kepada anggota partai bahwa Denys Chmygal, salah satu wakil perdana menteri, akan mengambil alih tampuk pemerintahan. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG