Tautan-tautan Akses

Bantuan Kemanusiaan AS Dikirim ke Kolombia untuk Warga Venezuela yang Membutuhkan


Bantuan Kemanusiaan AS Dikirim ke Kolombia untuk Warga Venezuela yang Membutuhkan
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:30 0:00

Banyak warga Venezuela yang menyeberangi jembatan Simon Bolivar setiap hari antara kota Cucuta di Kolombia dan negara bagian Tachira di Venezuela bertanya, "Apa selanjutnya?"


TITLE: Venezuela Humanitarian Aid
HEAD: US Humanitarian Aid Delivered to Colombia for Venezuelans in Need
Bantuan Kemanusiaan AS Dikirim ke Kolombia untuk Warga Venezuela yang Membutuhkan
DATE: 02/11/2019
PUBLISHED AT: Monday, February 11, 2019 1:35:11 AM
BYLINE: Cristina Caicedo Smit
DATELINE: Cucuta, Colombia
NUMBER: 26648450
TYPE: VPKGN

((INTRODUCTION))
Banyak warga Venezuela yang menyeberangi jembatan Simon Bolivar setiap hari antara kota Cucuta di Kolombia dan negara bagian Tachira di Venezuela bertanya, "Apa selanjutnya?" Wartawan VOA Cristina Caicedo Smit melaporkan dari perbatasan Venezuela - Kolombia bahwa lebih dari 50 ton bantuan kemanusiaan telah dikirim tanpa jalur yang jelas mengenai bagaimana supaya pangan dan obat-obatan itu bisa sampai ke Venezuela. Selengkapnya disampaikan Vina Mubtadi.


((NARRATOR))
Setelah pengiriman bantuan tahap pertama dari pemerintah AS dan Kolombia ke jembatan internasional "Tienditas" di Cucuta, tokoh yang mengklaim sebagai Presiden sementara Venezuela Juan Guaido mengirim pesan langsung kepada angkatan bersenjata Venezuela dalam sebuah wawancara dengan VOA.

((Juan Guaido, Interim President of Venezuela)) ((IN SPANISH))
"Mereka tahu apa yang sedang terjadi di Venezuela, mereka punya kawan-kawan yang telah meninggalkan negara itu, mereka mengalami penderitaan yang kita semua alami. Ini adalah perintah untuk militer, ijinkan bantuan kemanusiaan untuk masuk. Ini akan menjadi titik yang penting bagi Anda, tidak menyelamatkan nyawa merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan."

((NARRATOR))
Duta besar AS untuk Kolombia Kevin Whitaker menyambut baik pasokan pangan itu, menekankan AS telah membantu Venezuela dengan lebih dari 140 juta dolar. Dia mengatakan lebih banyak bantuan akan disalurkan.

((Kevin Whitaker, United States Amtbassador to Colombia))
"Ini hanya uang muka, baru awalnya saja. Ini penting, signifikan dan akan didistribusikan kepada rakyat Venezuela di Venezuela."

((NARRATOR))
Dubes Whitaker juga berterima kasih kepada Presiden Kolombia Ivan Duque atas bantuan transportasi pasokan pertama ini ke perbatasan Venezuela.

Eduardo Gonzalez, dari Delegasi Kolombia mengatakan:

((Eduardo Gonzalez, Colombian Delegate))
"Dari sisi Kolombia misi kami adalah untuk mengirim, menyimpan dan mengawasi, dan mengamankan, sampai ke perbatasan."

((NARRATOR ))
Di jembatan internasional Simon Bolivar, ribuan warga Kolombia dan Venezuela menyeberangi kedua negara itu setiap hari. Setelah pengiriman bantuan pertama, yang berisi bahan-bahan pokok seperti beras, kopi, susu bubuk, minyak goreng dan lain-lain, semakin banyak warga Venezuela menanyakan kemana bantuan itu akan diantar?

Presiden Venezuela yang disengketakan, Nicolas Maduro, menolak bantuan kemanusiaan AS itu, dan tidak akan mengijinkannya masuk, karena katanya rakyat Venezuela tidak membutuhkannya.

Sementara itu, Guaido diperkirakan akan mengumumkan dua pusat penampungan lain di Amerika Latin dan juga mempertimbangkan untuk menerapkan koridor kemanusiaan untuk membawa bantuan itu ke Venezuela. (vm)
XS
SM
MD
LG