Tautan-tautan Akses

Bantu Persekongkolan Culik Gubernur Michigan, Tiga Pria Divonis Penjara


Dari kiri: Tersangka Paul Bellar, Joseph Morrison, dan Pete Musico (foto: dok).
Dari kiri: Tersangka Paul Bellar, Joseph Morrison, dan Pete Musico (foto: dok).

Tiga laki-laki telah dijatuhi hukuman karena ikut mendukung persekongkolan yang berhasil digagalkan untuk menculik gubernur Michigan pada tahun 2020 lalu. Mereka dijatuhi hukuman penjara pada Kamis (15/12) sementara pemimpin komplotan ini masih menunggu hukuman pada akhir bulan.

Ketiga laki-laki itu, Joseph Morrison usia 28 tahun, ayah mertuanya Pete Musino usia 44 tahun, dan Paul Bellar usia 23 tahun dijatuhi hukuman di Pengadilan Jackson County di mana mereka dinyatakan bersalah oleh sebuah juri pada Oktober lalu; butir tuduhannya berupa keanggotaan dalam geng, pelanggaran senjata api dan memberi dukungan material pada terorisme.

Vonis ini merupakan kemenangan untuk penuntut negara bagian yang mengatakan bahwa para terdakwa membantu dua laki-laki lain, yang pada Agustus lalu dinyatakan bersalah di pengadilan federal karena mengorganisir sebuah konspirasi penculikan.

Pembela berkilah klien-kliennya tidak tahu rencana untuk menculik gubernur dan tindakan mereka dilindungi oleh Amandemen Pertama dan Kedua dari Konstitusi AS.

Ketiga laki-laki ini adalah dari lebih selusin laki-laki yang ditangkap pada Oktober 2020 dan dikenakan tuduhan kejahatan oleh penuntut yang mengatakan mereka berpartisipasi dalam sebuah rencana konspirasi untuk menculik Gubernur Gretchen Whitmer.

Persekongkolan ini berasal mula dari rasa frustrasi mereka dengan pembatasan yang diberlakukan Gubernur democrat itu terhadap penduduk dan bisnis Michigan pada awal pandemi COVID 19. [jm/em]

Forum

XS
SM
MD
LG