Tautan-tautan Akses

Bank Sentral Rusia akan Susun Pengaturan Khusus untuk Atasi Kredit Macet


Kantor Bank sentral Rusia di Moskow (foto: ilustrasi).
Kantor Bank sentral Rusia di Moskow (foto: ilustrasi).

Bank sentral Rusia hari Senin (2/4) mengatakan akan menyusun sebuah pengaturan khusus guna menghapus lebih dari 15 miliar euro atau 18 miliar dolar kredit macet dari bank-bank bermasalah dalam upaya membersihkan sistem keuangan negara itu yang rapuh.

Apa yang disebut "bank buruk" akan didasarkan pada cabang Otkritie, yang diselamatkan bank sentral itu Agustus lalu, dan akan berfungsi sebagai penyandang dana, ujar wakil presiden Bank of Russia, Vasily Pozdyshev.

Bank of Russia akan mengambil-alih aset-aset Otkritie yang merugi, yang pernah menjadi bank swasta pemberi pinjaman terbesar di Rusia, serta bank-bank lain lewat pemberian pinjaman pada tingkat yang diinginkan, 0,5 persen.

Bank of Russia pada masa lalu tidak ragu-ragu menutup bank-bank yang lebih kecil, tetapi menghadapi pilihan yang lebih sulit dengan perusahaan yang lebih besar.

Rusia kesulitan untuk pulih dari resesi ekonomi tahun 2014 yang disebabkan oleh jatuhnya harga minyak dan sanksi Barat atas perannya dalam krisis Ukraina.

Resesi dan lonjakan inflasi tidak memungkinkan banyak peminjam membayar utang yang diberikan secara cuma-cuma semasa pertumbuhan ekonomi.

Bank sentral itu menyelamatkan tiga institusi besar tahun 2017 - Otkritie, B&N Bank dan Promsvyazbank - berdasar satu mekanisme baru yang mendukung bank yang besar dan tidak dibiarkan bangkrut karena akan ada risiko efek domino pada perekonomian negara. [ka/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG