Tautan-tautan Akses

Bank Dunia Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi China 2017


Bendera China di jembatan Persahabatan yang melintas Sungai Yalu, 1 April 2017.

Bank Dunia menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi China untuk 2017 menjadi 6,8 persen dari proyeksi 6,7 persen yang dibuat pada Oktober, Reuters melaporkan, Selasa (19/12). Konsumsi perorangan dan perdagangan luar negeri mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi.

Namun bank yang bermarkas di Washington itu tidak mengubah proyeksi Produk Domestik Bruto (PDB) China untuk 2018 dan 2019, yang tetap pada angka masing-masing 6,4 persen dan 6,3 persen karena kebijakan moneter yang kaku dan upaya pemerintah untuk mengekang kredit.

"Walaupun baru-baru ini ada perlambatan, kredit terus tumbuh lebih cepat dari PDB. Jumlah pinjaman bank yang belum lunas mencapai 150 persen dari PDB pada November 2017, naik dari 103 persen pada akhir 2007," kata Bank Dunia dalam laporan China Economic Update.

Ekonomi China tumbuh 6,9 persen, lebih cepat dari yang perkirakan, selama sembilan bulan pertama tahun ini. Namun upaya Beijing untuk mengurangi risiko di sektor keuangan telah membuat biaya peminjaman dana naik. Akibatnya, kekhawatiran bahwa hal ini dapat berimbas menurunkan pertumbuhan ekonomi. [fw]

XS
SM
MD
LG