Tautan-tautan Akses

Banjir Tewaskan Sedikitnya 7 di China Tengah


Petugas penyelamat mengevakuasi seorang warga yang terkena banjir akibat hujan lebat di Pingxiang, provinsi Jiangxi, China 9 Juli 2019.

Pihak berwenang mengatakan, sedikitnya tujuh orang tewas akibat banjir di Provinsi Hunan, di bagian tengah China, sementara hujan lebat masih akan mengguyur kawasan itu dalam beberapa hari mendatang.

Hujan lebat mulai turun di provinsi itu akhir pekan lalu, sehingga membanjiri jalan-jalan dan merendam banyak rumah. Banyak warga terpaksa mengalihkan aktivitas mereka ke lantai atas tempat tinggal mereka.

Badan Prakiraan Cuaca China mengatakan, Selasa (9/6), hujan masih akan turun di bagian tengah dan selatan China.

Di Provinsi Guangdong, di sepanjang pantai tenggaranya, lebih dari 20.000 orang terpaksa mengungsi. Kantor-kantor pemerintah di kawasan-kawasan yang paling terdampak, Zhaoqing dan Qingyuan, menyediakan ratusan tenda darurat, air botolan dan pakaian kering yang bisa dimanfaatkan warga.

Pasukan paramiliter dikerahkan untuk membantu proses evakuasi dan penguatan waduk-waduk. Dalam beberapa hari terakhir, permukaan air di ratusan sungai dilaporkan telah mencapai ketinggian yang memprihatinkan dan bahkan telah melebihi batas. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG