Tautan-tautan Akses

Banjir Landa Australia, Ratusan Orang Berhasil Dievakuasi


Sebuah mobil terendam air banjir di Camden, pinggiran Sydney, Australia, Senin, 4 Juli 2022. (Foto: Ilustrasi/AP)
Sebuah mobil terendam air banjir di Camden, pinggiran Sydney, Australia, Senin, 4 Juli 2022. (Foto: Ilustrasi/AP)

Bencana banjir yang merata di Australia memaksa pihak berwenang melakukan evakuasi terhadap ratusan orang. Pemerintah setempat pada Minggu (7/4) menetapkan New South Wales berada dalam situasi darurat.

Menurut layanan darurat, curah hujan yang tinggi pada akhir pekan mengakibatkan evakuasi penghuni sekitar 300 rumah di timur laut Sydney.

Menteri Federal untuk Manajemen Darurat, Catherine King, menyatakan bahwa banjir menyebabkan kerusakan di seluruh negara bagian dalam waktu yang sangat singkat.

“Pemerintah New South Wales terus menghitung dampak kerusakan dan memahami dampak bencana ini,” tambah King.

Menurut Menteri Negara untuk Layanan Darurat, Jihad Dib, tim SAR berhasil menyelamatkan sekitar 200 orang sejak Jumat, ketika akses beberapa daerah terputus akibat jalan yang rusak atau terendam banjir.

Dia menambahkan bahwa sekitar 5.000 relawan ikut bekerja sepanjang malam membantu para korban.

Komisaris Darurat Negara Bagian, Carlene York, mengungkapkan bahwa 60 peringatan masyarakat masih berlaku di wilayah yang terkena dampak banjir.

Bantuan bencana telah didistribusikan oleh pejabat di banyak daerah. Bencana tersebut adalah banjir yang ketujuh yang terjadi dalam 18 bulan terakhir di wilayah tersebut.

Para peneliti berulang kali memperingatkan bahwa perubahan iklim memperbesar risiko bencana alam seperti banjir, kebakaran hutan, dan angin topan. [ah/ft]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG