Tautan-tautan Akses

Banjir di India Tewaskan Hampir 200 Orang, 1 Juta Mengungsi


Warga yang terdampak banjir dievakuasi ke tempat yang lebih aman setelah hujan lebat mlanda Kolhapur di negara bagian Maharashtra, India, 8 Agustus 2019. (Foto: Reuters)

Operasi penyelamatan masih berlangsung di empat negara bagian India yang dilanda banjir karena hujan lebat. Hampir 200 orang meninggal dan lebih dari satu juta lainnya terpaksa mengungsi.

Kawasan barat dan selatan negara bagian Kerala, Karnataka, Gujarat dan Maharashtra dilanda banjir hebat yang disebabkan hujan lebat dan meluapnya sungai-sungai.

Bagian selatan Kerala, yang digemari turis karena pantainya yang indah serta banyaknya tempat peristirahatan, terdampak paling parang. Jumlah korban meninggal hingga Senin (12/8) mencapai 76 orang. Sedangkan korban di tiga negara bagian lainnya mencapai 116 orang.

Kata para pejabat, jumlah korban kemungkinan akan bertambah sambil para petugas bantuan mengadakan pencarian di bangunan yang runtuh.

Hampir 125 orang yang terdampar di sebuah jalan yang yang disapu air banjir diselamatkan oleh helikopter Angkatan Udara India.

Hujan telah mulai reda di banyak bagian kawasan yang dilanda banjir itu, sehingga memudahkan tugas pencarian dan penyelamatan, kata para pejabat. Hujan yang diperlukan oleh warga India di kawasan yang sering dilanda kekeringan juga sering menewaskan ratusan orang tiap tahun karena banjir.

Tahun lalu, Kerala dilanda banjir paling buruk dalam hampir satu abad yang menewaskan sekitar 450 orang. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG