Tautan-tautan Akses

Banjir Bandang di Perancis Telan 8 Orang Korban


Orang-orang berdiri di depan jalan yang runtuh pada 15 Oktober 2018 di Villegailhenc, Perancis, setelah jalan itu dilanda badai hujan lebat yang membanjiri bagian barat daya Perancis, sebagai ilustrasi. (Foto: AFP)

Sedikitnya delapan orang hilang setelah badai melewati bagian tenggara Perancis. Pihak berwenang mengatakan, Sabtu (3/10), badai tersebut menyebabkan banjir besar di sekitar kota Nice.

Kantor berita Reuters mengutip Badan Meteorologi Perancis melaporkan curah hujan selama 24 jam di beberapa daerah tercatat mencapai 450 mm. Angka tersebut setara dengan hampir empat bulan hujan dalam setahun.

Direktur perlindungan sipil Jérémy Crunchant mengatakan kepada France Info, curah hujan tersebut lebih besar daripada curah hujan pada 3 Oktober 2015. Saat itu hujan menyebabkan banjir dan menyebabkan kematian 20 orang di kota Cannes di French Riviera.

Departemen Alpes-Maritimes, di perbatasan dengan Italia, berada dalam status siaga yang ditandai dengan warna merah pada Jumat (2/10) saat badai mendekat. Badai, yang dijuluki Alex, telah menyebabkan angin kencang dengan kecepatan lebih dari 180 km per jam antara Kamis (1/10) dan Jumat (2/10).

Pihak berwenang menurunkan tingkat kewaspadaan ke tingkat oranye pada hari Sabtu (3/10), karena hujan telah bergerak menuju Italia. [ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG