Tautan-tautan Akses

AS

Bagian Tubuh Manusia Ditemukan di Sekitar Ledakan Nashville


Petugas tanggap darurat bekerja di sekitar lokasi ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, Jumat (25/12).

Dua petugas penegak hukum mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa pihak berwenang menemukan bagian-bagian tubuh manusia di sekitar ledakan yang mengguncang pusat kota Nashville Jumat pagi (25/12), tepat pada hari Natal.

Belum jelas apakah bagian-bagian tubuh manusia itu terkait dengan ledakan tersebut, atau merupakan potongan tubuh orang yang diyakini bertanggung jawab dalam ledakan itu atau korban.

Kedua petugas itu tidak dapat membahas penyelidikan yang sedang berlangsung secara terbuka dan berbicara pada Associated Press dengan tidak menyebut nama mereka.

Pihak berwenang mengatakan mereka yakin ledakan itu disengaja.

Kepala polisi kota Nashville John Drake mengatakan sebelum ledakan terjadi, petugas keamanan datang ke lokasi karena panggilan darurat tentang terjadinya beberapa letusan senjata, tetapi tidak menemukan tanda-tanda terjadinya insiden itu.

Namun, polisi menemukan sebuah kendaraan yang memperdengarkan peringatan yang sudah direkam sebelumnya, bahwa bom akan meledak dalam 15 menit. Polisi mengevakuasi orang-orang di gedung sekitarnya dan memanggil tim penjinak bom. Kendaraan jenis RV itu meledak tak lama kemudian.

Polisi belum mengindikasikan motif atau sasaran serangan itu.

Para petugas memeriksa barang bukti di sekitar lokasi ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, hari Jumat (25/12).
Para petugas memeriksa barang bukti di sekitar lokasi ledakan di pusat kota Nashville, Tennessee, hari Jumat (25/12).

Rekaman video dari kamera CCTV yang dipublikasikan di sebuah akun Twitter hari Jumat, yang tampaknya dari jalan di seberang terjadinya ledakan, menangkap rekaman peringatan yang disampaikan mobil itu: “Jika Anda dapat mendengar pesan ini, segera evakuasi,” beberapa detik sebelum ledakan terjadi.

Kobaran api dan asap hitam tampak mengepul dari lokasi ledakan. Lokasi itu dipadati bar, restoran dan toko ritel; dan dikenal sebagai pusat kota yang kerap didatangi wisatawan di Nashville. Gedung-gedung berguncang hebat dan kaca-kaca hancur berantakan di sepanjang jalan di mana ledakan di dekat gedung milik AT&T, satu blok dari menara kantor perusahaan itu, yang merupakan landmark di pusat kota Nashville.

Juru bicara FBI Joel Sikovic mengatakan badan federal itu memimpin penyelidikan terhadap insiden itu. Tim investigasi lain dari Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api dan Bahan Peledak (ATF) juga berada di lokasi. FBI adalah badan penegak hukum utama yang menyelidiki kejahatan federal, seperti tindakan terorisme dan penyalahgunaan bahan peledak.

Presiden Trump Telah Diberitahu

Menurut juru bicara Gedung Putih Judd Deere, Presiden Donald Trump telah diberitahu tentang insiden itu. Trump, yang sedang menghabiskan libur Natal di Florida, mendapat penjelasan singkat secara reguler.

Departemen Kehakiman mengatakan Penjabat Jaksa Agung Jeff Rosen juga telah diberi penjelasan dan telah memerintahkan seluruh sumber daya departemen itu untuk membantu penyelidikan.

Gubernur Tennessee Bill Lee mencuit di Twitter bahwa negara bagian itu akan menyediakan sumber daya yang diperlukan “untuk menentukan apa yang menyebabkan dan siapa yang bertanggungjawab. Ikuti @MariaLeeTN dan mari doakan mereka yang luka-luka. Kami berterima kasih pada petugas tanggap darurat yang bergerak sangat cepat pagi ini.”

Walikota Nashville John Cooper bersyukur tidak banyak yang luka-luka dalam insiden itu. [em/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG