Tautan-tautan Akses

Badai Tropis Timbulkan Hujan Lebat di Pesisir North Carolina


Awan tebal yang merupakan tanda awal datangnya badai tropis Arthur, terlihat menyelimuti gedung-gedung pencakar langit di Miami, 14 Mei 2020. (Foto: dok).
Awan tebal yang merupakan tanda awal datangnya badai tropis Arthur, terlihat menyelimuti gedung-gedung pencakar langit di Miami, 14 Mei 2020. (Foto: dok).

Badai tropis Arthur membawa hujan lebat di beberapa daerah di bagian timur North Carolina hari Senin (18/5), sementara para peramal cuaca mengeluarkan peringatan mengenai angin kencang dan ombak besar sepanjang hari.

Arthur adalah badai tropis pertama dalam musim badai Atlantik 2020, yang resminya baru dimulai dua pekan lagi dan berlangsung hingga akhir November.

Pusat Badai Nasional (NHC) menyatakan badai ini dapat menimbulkan hujan dengan curah antara dua dan tujuh centimeter di North Carolina. Arthur mengguyur Florida sebelum bergerak ke wilayah pesisir dalam beberapa hari ini.

NHC menyatakan badai itu akan bergerak menjauhi pesisir timur AS mulai Senin malam hingga Selasa, dan kemungkinan akan melemah pada hari Rabu sewaktu badai itu bergerak menuju perairan terbuka.

Di Florida, hujan turun dengan curah hampir lima sentimeter per jam, menyebabkan banjir yang meluas di Miami dan daerah-daerah sekitarnya.

Meskipun musim badai baru dimulai 1 Juni, badai kadang-kadang datang lebih cepat. Tahun lalu, badai subtropis Andrea terbentuk di sebelah selatan Bermuda pada akhir Mei tetapi badai ini tidak berlangsung lama.

Pada tahun 2018, badai tropis Alberto pada akhir Mei menghantam bagian barat laut Florida, bergerak menuju bagian bawah Michigan sebelum akhirnya melemah. [uh/ab]

‚Äč
XS
SM
MD
LG